Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Jitu Mengisi Daya Laptop Tanpa Charger Asli/Bawaan

Indri Penulis

Charger laptopmu rusak dan belum sempat beli? Tenang, kamu boleh coba cara mengisi daya laptop tanpa charger asli/bawaan berikut ini.

Namanya laptop pasti nggak bakal bisa dipisahkan dengan charger. Apalagi kalau kamu suka pergi keluar sambil bawa laptop, entah untuk keperluan kerja atau lainnya.

Tapi meskipun jadi benda yang sangat penting, tak jarang sebagian orang justru lupa membawanya. Di sisi lain bisa jadi charger laptop sedang rusak, jadi nggak mungkin dibawa pergi sama laptop.

Terus bagaimana solusinya kalau baterai laptopmu habis, sedangkan kamu lupa nggak bawa charger/charger-mu rusak? Mmm.. Mungkin kamu perlu lakukan cara mengisi daya laptop tanpa charger ini.

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Charger

Isi Daya Pakai Powerbank

Tergantung model laptopmu. Kalau laptopmu mendukung port USB Type-C, kamu dapat mengisi dayanya dengan port tersebut. Caranya tentu sama seperti saat kamu mengisi daya ponsel ke powerbank, cukup hubungkan port USB Type-C dari laptop ke powerbank.

Sumber : Daily Social

Tapi cara ini punya kekurangan. Biasanya mayoritas laptop butuh daya 8v sampai 12v, sedangkan powerbank cuma punya 5v untuk disalurkan. Itu artinya, kamu perlu powerbank yang mendukung pengisian 12v atau lebih tinggi. Kalau kamu bisa mendapatkannya, maka ini adalah cara termudah yang bisa kamu coba.

Isi Daya Pakai Adaptor USB Type-C

Kalau kamu nggak punya powerbank, kamu boleh pakai adaptor USB Type-C. Kamu tinggal menghubungkan port USB Type-C dari laptop ke adaptor, setelah itu colokkan adaptor ke sumber listrik.

Sumber : Shopee

Cara kedua ini relatif lebih aman buat kamu yang pengin pakai USB-C. Sebab biasanya adaptor punya perlindungan untuk menghentikan pengisian daya otomatis, saat dia mendeteksi suhu tinggi atau masalah lain.

Tapi kelemahannya, kamu harus di tempat yang ada sumber listriknya (untuk mencolokkan adaptor). Beda kalau kamu pakai powerbank, kamu nggak perlu khawatir soal sumber listrik.

Isi Daya Pakai Adaptor Daya Universal

Namanya adaptor daya universal, tentunya bisa dipakai buat semua jenis laptop. Tapi cara ketiga ini cukup beresiko, karena dapat merusak baterai laptop dengan cepat. Apalagi kalau kamu menyetel voltase terlalu tinggi saat memakai adaptor daya universal.

Isi Daya Lewat Aki Mobil (Ekstrem)

Dari sekian cara yang kami bagikan kali ini, bisa dibilang yang keempat ini cukup unik dan ekstrem. Ya, kamu bisa pakai aki mobilmu buat mengisi daya laptop. Cara ini bisa kamu lakukan kalau benar-benar ‘terdesak’ ya.

Sumber : Pinterest

Untuk melakukannya, kamu harus pakai power inverter. Contohnya seperti BESTEK 300W Power Inverter, yang dapat mengisi daya apa pun hingga 300 watt.

Setiap cara pasti punya kelemahan dong. Kelemahan cara terakhir ini, kamu harus selalu membawa power inverter di mobil. Tapi menurut saya, itu bukan masalah serius sih. Apalagi ukuran power inverter yang lumayan kecil, jadi bisa nyempil  di mana saja.