Jaket Cerdas Hasil Kolaborasi Levi’s dan Google Jacquard

smart jacket Levi's Google Jacquard

Perangkat sandangan atau wearables merupakan teknologi canggih yang mulai hadir di tengah kita. Mulai dari jam pintar seperti Apple Watch, sampai salah satu yang terbaru, jaket cerdas hasil kolaborasi Levi’s dan Proyek Jacquard dari Google.

Jacquard dari Google merupakan sebuah proyek riset yang menanam teknologi di materi yang sebelumnya tidak terpikirkan sebagai sarananya. Misalnya benang dan kain. Pada akhirnya, konektivitas perangkat tetap terjaga melalui barang seperti jaket, sepatu, tas, dll.

Levi’s Commuter Trucker Jacket adalah salah satu hasilnya. Jaket ini bekerja berpasangan dengan smartphone. Dengan gerakan menyapu atau menepuk di lengan jaket, kamu bisa mengontrol musik, mendapat panduan suara arahan perjalanan, atau mendengar pesan dari teman. Tentunya tanpa perlu meraih kantong untuk mengambil handphone.

levis commuter trucker jacket

Teknologi Jacquard yang tertanam di jalinan benang jaket akan membaca dan merespon gestur yang kamu lakukan. Kemudian Jacquard snap tag yang ada di lengan akan menghubungkan dengan perangkat lain (handphone).

Pengaturan gestur tersebut bisa kamu atur melalui aplikasi Jacquard. Apa yang terjadi saat kamu menyapu lengan jaket, atau apa yang terjadi ketika kamu menepuknya.

Yang menarik, jaket ini tetap bisa kamu cuci. Walau… yah, kelihatannya saat ini memang masih belum benar-benar bisa seperti jaket biasa. Levi’s menyebutkan bahwa Commuter Trucker Jacket ini bisa bertahan sampai 10 kali pencucian (dengan Jacquard snap tag dicopot, dan tergantung setiap kondisi pencucian).

Jaket cerdas kolaborasi Levi’s dan Google ini mendukung handphone dengan Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih baru, juga mendukung iPhone 6 atau yang lebih baru dengan iOS 10 atau yang lebih baru. Jaket ini baru tersedia di Amerika Serikat.