Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Keren! 4 Jembatan Ini Dibikin Pakai Teknologi 3D Print

Indri Penulis

Keren banget! Beberapa jembatan unik ini ternyata dibikin pakai teknologi 3D print lho. Seperti apa jembatannya? Baca di sini yuk.

Sejak pergantian abad, telah muncul berbagai teknologi konstruksi dan material baru. Katakanlah seperti teknologi fabrikasi digital sampai pencetakan 3D alias 3D printing.

Dari kedua teknologi tersebut, 3D printing telah banyak diadopsi berbagai proyek di negara-negara luar. Teknologi yang satu ini kerap dipakai untuk perakitan rumah, paviliun, furniture, sampai instalasi berbagai hal.

Nah ada yang unik nih. Ternyata akhir-akhir ini teknologi 3D printing juga telah digunakan untuk pembangunan jembatan lho. Penasaran apa saja jembatan yang dibikin pakai teknologi 3D print? Yuk langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

ACCIONA 3D-Printed Footbridge – Madrid Spanyol

Konglomerat Spanyol, ACCIONA, adalah pelopor dalam bidang struktur jembatan 3D printing. Dengan menggunakan teknologi canggih ini, mereka berhasil memasang struktur pertama jembatan sepanjang 12m di taman Castilla-La Mancha, Madrid, Spanyol pada tahun 2016.

Sumber : Stir World

Jembatan ini terdiri dari 8 modul mikro-benton cetak 3D, yang masing-masing punya panjang hampir 2m dan lebar 1,5m. Desain jembatan ini punya pagar setinggi 1,3 meter. Ia juga dibekali perforasi organik untuk menambah bentuk strukturalnya.

Walau pun pakai teknologi 3D printing, tapi ternyata pembangunan jembatan ini juga sempat mengalami beberapa kesulitan lho.

Menurut Kepala Divisi Teknik Struktural ACCIONA, Mariano Martin Canueto, kesulitan terbesar dalam pembangunan jembatan ini ada pada bentuk geometris yang nggak bisa diringkas jadi model lebih sederhana.

Nggak cuma itu, karena mereka menggunakan teknologi 3D printing untuk mencetak bangunan berskala besar, maka material yang mereka pakai juga benar-benar harus disiapkan dengan baik. Kalau nggak, bisa-bisa jembatan bisa roboh.

Striatus – Venice, Italia

Siapa sih yang nggak kenal Zaha Hadid Architects? Tim yang terdiri dari ratusan arsitek kelas dunia ini terkenal telah menciptakan berbagai bangunan kelas dewa. Mereka baru-baru ini bahkan diajak collab sama PUBG Mobile untuk mendesain bangunan-bangunan di sana lho.

Nah, jembatan Striatus adalah salah satu proyek besar mereka. Jembatan ini adalah hasil collab antara Zaha Hadid Architects dengan incremental3D.

Sumber : Stir World

Striatus adalah jembatan tanpa perkuatan yang dibikin dari blok betan 3D print, yang dirakit dalam bifurcating (bentuk organik tanpa pakai mortar apa pun). Jembatan ini dipamerkan di kebun Venesia Giardini della Marinaressa, selama acara Venice Architecture Biennale 2021.

Jembatan Striatus punya bobot mencapai 24,5 ton, tinggi maksimum 3,5m, dan bentang terpanjangnya mencapai 15,10m. Walau pun cukup besar, tapi jembatan ini bisa dilepas pasang lho.

Striatus punya dek geometris bercabang yang terdiri dari lapisan beton lurik, kemudian ia dicetak secara 3D ke dalam sebuah struktur kabel dengan desain melengkung.

Sekilas kalau kamu melihatnya, Striatus mirip dengan jembatan di era Romawi kuno tahun 1600an. Cuma bedanya, jembatan ini tampilan dikemas dalam nuansa yang lebih modern sesuai dengan zaman now.

MX3D Bridge – Amsterdam, Belanda

MX3D adalah jembatan yang dirancang oleh Joris Laarman Lab dengan rekayasa struktural oleh Arup. Jembatan ini dipasang di salah satu distrik tertua di Amsterdam, dan diresmikan oleh Ratu Maxima dari Belanda pada Juli 2021.

Sumber : Robotics 24/7

Apa yang istimewa dari jembatan ini? MX3D bisa disebut sebagai salah satu jembatan 3D printing yang paling nyentrik. Coba lihat saja, dia punya fluid, badan geometri bergelombang, dan permukaan bergaris. Mirip bangunan-bangunan yang ada di film fiksi ilmiah kan?

Untuk proses bikinnya, ternyata jembatan ini telah direncanakan sejak tahun 2015 lho. Hasil akhirnya, jembatan ini mampu membentang hingga 12 meter. Dia dicetak menggunakan 6.000kg baja tahan karat. Jadi soal keamanannya, jembatan ini nggak perlu diragukan lagi.

Nijmegen Bridge Project – Nijmegen, Belanda

Walau belum jadi 100%, tapi nggak ada salahnya juga untuk memasukkan proyek ini ke dalam daftar. Jadi Nijmegen Bridge Project adalah hasil kolaborasi antara Studio Michiel van der Kley, Technical University of Eindhoven, dan Rijkswaterstaat.

Sumber ; Stir World

Jembatan ini dibikin dalam modul beton lurik dengan bentuk geometri melengkung. Nanti kalau sudah selesai, Nijmegen Bridge digadang-gadang bakal jadi jembatan siklus 3D printing terpanjang di dunia.

Nah dari keempat jembatan di atas, mana nih yang menurutmu paling keren? Kalau menurut saya sih MX3D Bridge yang ada di Amsterdam.

Duh, kira-kira kapan Indonesia bikin jembatan 3D printing ya?