Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Berbagai Jenis Aplikasi yang Wajib Dimiliki untuk Pejuang WFE

jenis aplikasi untuk wfe
Indri Penulis

Apa saja jenis aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pejuang WFE? Kamu bisa baca ulasan saya untuk mendapatkan rekomendasi aplikasinya.

WFE (work from everywhere) sebenarnya bukan istilah yang baru buat para pekerja ‘zaman now.’ Soalnya istilah ini sudah dari dulu ada dan sering dilakukan orang-orang. Cuma dulu orang-orang sering menyebutnya dengan ‘digital nomad.’

popculture.id

Terbukti dengan banyaknya co-working space, pandemi COVID-19, dan WFH, hal tersebut membuktikan bahwa orang-orang bisa kerja tanpa perlu ngantor. Cuma bermodalkan internet dan perangkat pendukung (di sini berarti laptop), orang-orang sudah bisa WFE.

Nah pertanyaannya, apa saja yang perlu dipersiapkan orang kalau mau WFE? Jelas yang pertama adalah perangkatnya. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan berbagai jenis aplikasi yang wajib ada untuk WFE. Kalau kamu bingung apa saja aplikasinya, kamu bisa simak ulasan ini sampai bawah.

Aplikasi Pesan

Ada banyak aplikasi pesan yang bisa kamu coba seperti WhatsApp, Telegram, Teams, Slack, dll. Yah, kamu mungkin sudah memiliki aplikasi-aplikasi tersebut di ponsel. Tapi dengan memasangnya di laptop, kamu nggak perlu bolak-balik pegang HP cuma buat mengirim/membalas chat yang masuk. Dengan begitu, aktivitas kerja bakal tetap produktif alias tanpa gangguan.

Aplikasi Konferensi

Karena konsepnya ‘kerja di mana aja,’ otomatis segala aktivitas kerja bakal dilakukan via jarak jauh, termasuk kalau misalnya ada meeting dadakan bersama rekan kerja. Inilah yang membuatmu wajib menginstal aplikasi konferensi di laptop. Dengan aplikasi konferensi seperti Google Meet, Zoom, dll, kamu bisa meeting online kapanpun dan di manapun asalkan terhubung dengan internet.

Aplikasi Email

Sudah sejak dulu, email digunakan untuk membantu komunikasi bisnis. Biasanya dalam pekerjaan, email digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama rekan kerja atau mengirim beberapa dokumen.

Email berbeda dengan media komunikasi lainnya, karena email gratis dan tersedia di manapun asal kamu terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, email juga bisa diakses di seluruh dunia. Kamu juga nggak perlu mengubah alamat email berdasarkan lokasi.

Saat ini ada banyak aplikasi email yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang aktivitas WFE. Kamu bisa pertimbangkan aplikasi email seperti Microsoft Outlook, Gmail, dll.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu bisa mengirim dan menerima email dengan praktis. Kamu juga bakal menerima notifikasi setiap kali ada email baru masuk (jadi nggak perlu masuk ke email client yang ada di browser deh).

Aplikasi Pengolah Dokumen

Pengolah dokumen adalah aplikasi wajib dalam dunia kerja. Sekarang, memangnya perusahaan mana yang kerja tanpa menggunakan aplikasi pengolah dokumen? Saya rasa hampir tidak ada deh.

Soalnya meskipun kamu bekerja di industri yang fokus utamanya bergantung pada komunikasi verbal, kamu tetap perlu menuliskan beberapa kata / kalimat supaya apa yang diucapkan bisa lebih terstruktur. Beberapa aplikasi pengolah dokumen yang bisa kamu coba antara lain Microsoft Office, Google Docs, Libre Office, dan lain-lain.

Aplikasi Cloud

Dalam dunia kerja, aplikasi cloud tentu sangat penting. Bisa dibilang, aplikasi cloud ini ibarat gudang atau rak tempat menyimpan berbagai dokumen yang sifatnya online. Dengan menggunakan cloud, kamu bisa menyimpan data tanpa takut terselip, karena kamu bisa memisahkan setiap dokumen folder yang berbeda-beda.

Bayangkan kalau kamu masih menyimpan dokumen secara offline alias lewat berbagai tumbukan berkas, pasti kamu bakal kesulitan menemukan berkas yang kamu cari. Belum lagi, resiko dokumen terselip, hilang atau dimakan rayap juga bisa menjadi ancaman yang serius.

Kalau kamu mau menggunakan aplikasi cloud, saat ini ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu pakai seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dll. Aplikasi tersebut bakal memungkinkan kamu mengakses dokumen dari mana saja asal terhubung ke internet.

Aplikasi Browser

Sebenarnya jenis aplikasi yang satu ini sudah jelas harus ada di komputer, apalagi buat karyawan yang kerjaannya berhubungan dengan komputer setiap harinya. Kenapa?

Pertama, dalam bekerja nggak jarang kamu harus melakukan riset terlebih dulu di Google (baik soal data atau istilah yang mungkin nggak kamu ketahui). Kedua, kamu mungkin harus mengakses situs web khusus bisnis agar bisa bekerja. Lalu yang ketiga, dengan browser kamu bisa dengan mudah mengunduh file multimedia seperti gambar, foto dan audio untuk melengkapi hasil kerjamu.

Saat ini browser mungkin ada di mana-mana, sampai-sampai kamu mungkin nggak berpikir untuk menambahkannya ke daftar aplikasi WFE. Walau begitu, jangan lupa untuk memasangnya di perangkat kerjamu ya. Untuk pilihan aplikasi browser sendiri sangat banyak seperti Firefox, Google Chrome, Opera, dll (semua bisa kamu sesuaikan dengan selera).


Oke jadi itu tadi beberapa jenis aplikasi yang wajib kamu punya sebagai pejuang WFE. Zaman sekarang, kerja di mana aja nggak masalah asalkan kamu punya perangkat pendukung dan terhubung dengan koneksi internet.

Apalagi dengan tambahan aplikasi-aplikasi WFE, kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja dengan tenang.

    %d blogger menyukai ini: