ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

Jumlah Kamera di Handphone Mulai Terlalu Banyak

Nokia 9 PureView
Anom Penulis

Kamera memang merupakan salah satu daya tarik ketika kita beli handphone. Akhir-akhir ini, jumlah kamera handphone semakin meningkat. Mulai nampak berlebihan.

Persaingan Kamera Handphone

Persaingan kamera handphone sudah berlangsung sejak lama. Gebrakan pertama yang benar-benar memukau mungkin adalah teknologi PureView dari Nokia. Teknologi ini sempat duduk di papan atas uji perbandingan kamera kala itu. Sejak handphone Nokia masih independen, sampai menjadi bagian dari Microsoft.

Toh, kamera dengan resolusi besar tidak berkembang menjadi tren saat itu. Adaptasi dari merk handphone lain boleh dibilang nihil.

Dual lens camera Huawei p9 leica
Foto: Inquirer.net

Kemudian hadir gelombang berikutnya. Tren kamera ganda. Huawei P9 merupakan salah satu pionir teknologi ini. Kamera ganda yang membawa efek bokeh (DoF sempit) ini menunjukkan kemampuan yang tadinya sulit dicapai oleh kamera handphone. Walau lambat, kamera ganda kemudian menjadi standar fotografi smartphone. Bahkan merambah ke kamera depan.

Tapi lagi-lagi Huawei membuat lompatan teknologi. Pada tahun 2018 mereka memperkenalkan sistem tiga kamera di handphone. Saat merk lain tengah mengadaptasi kamera ganda. Sistem tiga kamera di Huawei P20 ini memberi kemampuan foto low-light yang lebih baik. Sistem 3 kamera ini juga hadir di Huawei Mate 20.

Samsung pun ternyata tidak mau kalah. Mereka merilis Samsung Galaxy A9 dengan sistem empat kamera belakang! Walau begitu, cukup menarik melihat bagaimana Samsung memakainya di handphone kelas menengah, bukan di kelas atas atau flagship.