Huawei Berencana Letakkan Kamera Di Layar Handphone

ilustrasi kamera handphone di layar
Ilustrasi kamera handphone di layar
Anom Penulis

Usaha mencapai handphone dengan layar penuh alias full screen masih terus berlangsung. Beberapa cara — seperti notch dan kamera pop-up — sudah hadir. Di samping itu, konsep meletakkan kamera di layar handphone pun berkembang.

Usaha menghadirkan layar full screen mulai muncul akhir tahun 2016 lalu. Tren ini pun berkembang di berbagai handphone dalam berbagai bentuk. Mulai dari Xiaomi Mi Mix, LG G6, Samsung Galaxy S8, iPhone X, Vivo Nex, dan OPPO Find X.

Tantangan utama dalam membuat layar penuh tentu saja ada di komponen yang berfungsi di bagian depan. Seperti speaker, kamera depan, tombol Home / sensor sidik jari, dan sensor lain. Mencari desain yang tepat terbukti tidak mudah. Saat ini yang sedang jadi tren adalah dengan notch alias poni di layar.

Beberapa sudah menawarkan solusi untuk “menghilangkan” komponen itu dari layar. Memindah sensor sidik jari ke belakang, ke samping (seperti Moto Z3 Play), atau menggunakan sensor sidik jari di layar. Selain itu kita juga sudah melihat usaha memindah kamera depan dengan versi pop-up (Vivo Nex) atau geser (Oppo Find X).

Huawei sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia juga ingin ambil bagian dari perkembangan layar smartphone ini. Kabar terbaru menyebutkan kalau Huawei memiliki konsep smartphone dengan kamera depan ada di layar.

konsep kamera di layar handphone huawei
Konsep kamera di layar handphone Huawei (foto: etnews)

Menurut sumber dari etnews, Huawei sedang mengembangkan layar LCD 6 inci dengan lubang di bagian atas. Lubang itu tentu saja berguna untuk kamera. Sehingga sensor tidak terhalangi obyek lain di layar. Konsep itu juga menghadirkan sensor sidik jari di layar.

Kalau kita lihat dari penampilannya, dari sisi layout, konsep ini mirip dengan desain Essential Phone. Hanya saja, kamera depan Essential Phone masih terhubung dengan bingkai dan membentuk notch kecil. Jadi kita bisa sedikit membayangkan bentuknya (kami juga berusaha membayangkan dengan ilustrasi foto sebelum artikel).

notch essential phone
Poni dan kamera depan Essential Phone

Sebelum ini, ketika rumor handphone game Huawei beredar, memang disebut kalau raksasa smartphone asal Cina ini tidak berminat membuat sistem kamera mekanik seperti Vivo Nex atau Oppo Find X.

Perlombaan dalam membuat layar penuh di handphone memang luar biasa. Walau saat ini desain dengan notch menjadi standar umum, cukup menyenangkan melihat Samsung (masih) bertahan dengan desain miliknya sendiri. Sementara beberapa produsen lain berusaha membuat terobosan.

Kalau kamu perhatikan, memang mereka yang memegang posisi puncak pangsa pasar smartphone saat ini (Samsung dan Apple) memiliki desain masing-masing. Huawei kelihatannya berusaha hadir dengan desain khas mereka sendiri. Hal ini bisa dimaklumi. Karena Huawei duduk di posisi ketiga. Setelah berhasil menggebrak dengan tiga kamera di P20, tidak heran kalau ia ingin menghadirkan gebrakan lain yang bisa jadi standar baru.

Namun harap diingat, konsep ini masihlah sebatas…konsep. Artinya belum akan hadir dalam waktu dekat. Tren bisa saja bergeser ke arah lain atau bahkan ada yang sudah lebih dulu merilisnya. Toh, rumor juga menyebutkan kalau Samsung Galaxy S10 akan mengalami perkembangan radikal.

Bagaimana menurutmu, apakah desain kamera di layar dari Huawei ini menarik? Apakah bisa “mengalahkan” tren poni? Atau bahkan tidak akan terwujud?

    %d blogger menyukai ini: