Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Teknologi AI Kuliner Sony Bikin Resep Masakan Lebih Sehat dan Enak

Foto: Hanxiao | Unsplash
Anom Penulis

Teknologi artificial intelligence (AI) sedang berkembang pesat dan hadir di berbagai sektor industri. Salah satu yang akan datang adalah teknologi AI di dunia kuliner dari Sony, yang meliputi pembuatan resep masakan dan asisten robot.

Sony memberi nama proyek ini sebagai “Gastronomy Flagship Project” dan mengumumkannya di situs resmi pada tanggal 15 Desember 2020. Proyek ini akan menjadi area bisnis baru dari Sony, selain “gaming” dan “imaging & sensing.”

Ada 3 hal yang akan menjadi fokus dari pengembangan teknologi AI dari Sony ini. Ketiganya adalah pengembangan aplikasi pembuatan resep, robot asisten masak, dan komunitas pengembangan masakan.

Untuk aplikasi pengembangan resep masakan, Sony memanfaatkan teknologi untuk mendata berbagai elemen masakan. Baik resep itu sendiri dan berbagai bahan makanan, termasuk rasa, aroma, struktur, nutrisi, dll. Algoritma AI kemudian akan membantu chef dalam membuat resep melalui data cocok tidaknya bahan makanan.

aplikasi pembuat resep masakan dari sony

Untuk robotik, Sony mengembangkan teknologi yang bisa mengenali proses teknik memasak dari berbagai chef di dunia. Chef Assisting Cooking Robot ini nantinya bisa membantu proses memasak — dari menyiapkan bahan dan alat, sampai meletakkan di piring — lebih cepat dan lebih presisi.

Sementara untuk komunitas, Sony bekerja sama dengan berbagai chef dari seluruh dunia untuk meneliti sumber inspirasi dalam penciptaan resep masakan, pemakaian teknologi, sampai tren yang berkembang.

Teknologi AI, termasuk otomatisasi dan robotik, memang sudah sangat maju. Amazon, misalnya, sudah menghadirkan supermarket tanpa kasir dengan memanfaatkan berbagai sensor dan aplikasi. Lalu kita juga sudah melihat bagaimana robot anjing Spot dari Boston Dynamics membantu pekerja konstruksi.

Hm, cukup bikin penasaran ya bagaimana resep masakan hasil kembangan teknologi AI? Kira-kira enak nggak ya?