Rumor: Kamera Handphone OPPO Dengan Optical Zoom 10X

mekanisme zoom kamera handphone oppo

Rumor menyebutkan kalau OPPO akan segera mengumumkan teknologi kamera handphone dengan kemampuan optical zoom 10x. Sebuah terobosan teknologi di dunia smartphone.

Berdasarkan situs My Drivers, OPPO akan menyelenggarakan sebuah konferensi pada tanggal 16 Januari 2019. Konferensi itu bertajuk “OPPO 2019 Future Technology Communication Conference” (hasil terjemahan Google dari bahasa Cina). Tema yang ditunjukkan oleh poster acara tersebut adalah “Ten Views”.

Tema tersebut kemudian menghasilkan spekulasi bahwa OPPO akan segera mengumumkan teknologi optical zoom 10x di kamera handphone. Spekulasi seperti ini cukup wajar. Karena hal serupa memang sering muncul. Misalnya ketika muncul bocoran Huawei P20 atau Redmi Note 7.

poster acara oppo ten views

Rumor tentang teknologi kamera handphone ini sebenarnya pun sudah bergulir sejak tahun 2018. OPPO sudah menunjukkan konsep modul optical zoom tersebut. Hanya saja belum diumumkan secara resmi.

Pada akhir tahun 2018, akun Ice Universe di Twitter — yang sering memberi bocoran — menyebutkan kalau OPPO akan mengumumkan teknologi hybrid optical zoom 10X baru. Dugaan saat itu adalah akan diumumkan di acara CES atau MWC. Yah, acara CES sudah lewat. Sebelum kehebohan MWC mulai bergaung, OPPO sudah terlebih dulu mengadakan konferensi tersendiri.

Yang menarik, pada tahun 2017, OPPO merupakan perusahaan pertama yang mengumumkan teknologi optical zoom 5X. Mereka menunjukkan prototipe modul tersebut yang menggunakan sistem seperti periskop. The Verge menyebutkan bahwa modul bekerja baik. Namun sayangnya tidak pernah hadir di handphone yang dipasarkan.

Jadi bisa saja teknologi kamera handphone dengan optical zoom 10x ini juga hanya sebatas laporan hasil eksperimen. Bisa juga nantinya benar-benar diterapkan di kamera handphone OPPO.

Kelihatannya perusahaan handphone asal Cina memang semakin giat melakukan inovasi. Kita sudah melihat beberapa hasilnya sejak tahun 2018. Kita tunggu saja apakah rumor kamera handphone OPPO ini akan menjadi nyata dipasang di smartphone atau tidak.

%d blogger menyukai ini: