Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kelebihan dan Kekurangan Pakai Keyboard Eksternal Buat Laptop

Indri Penulis

Layak nggak sih membeli keyboard ekternal buat laptop? Ketahui kelebihan dan kekurangan pakai keyboard eksternal buat laptop ini dulu yuk.

Keyboard eksternal memang sering dipakai banyak orang walaupun mereka sudah punya laptop. Alasannya keyboard eksternal bisa memberikan pengalaman mengetik lebih ergonomis, yang tentu penting banget buat orang yang sehari-harinya banyak mengetik.

popculture.id

Tapi di sisi lain, pemakaian keyboard eksternal juga punya kekurangan lho. Salah satunya, perangkat ini bisa memakan banyak ruang di meja kerja. Selain itu keyboard eksternal juga sulit dibawa kemana-mana.

Dengan banyaknya pro dan kontra di atas, kamu tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membeli keyboard eksternal. Nah biar nggak bingung, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan pemakaian keyboard eksternal buat laptop berikut ini.

Kelebihan Menggunakan Keyboard Eksternal

Ngetik Lebih Cepat dan Ergonomis

Perlu kamu tahu, laptop dari awal selalu dirancang agar tampil ringkas dan portabel. Makanya jangan heran kalau keyboard mereka biasanya sedikit sempit. Nggak cuma itu, biasanya jarak antar tombol keyboard juga sempit. Hal ini membuat aktivitas mengetik jadi sering salah.

Nah, beda dengan keyboard eksternal. Keyboard ini biasanya hadir dengan desain yang lebih besar. Dengan desainnya yang lebih jumbo, otomatis jarak antar tombol akan lebih jauh. Ini akan meminimalisir salah pencet ketika kamu sedang mengetik.

Melindungi Keyboard Utama (Keyboard Laptop)

Keyboard eksternal bisa melindungi keyboard bawaan laptopmu. Dengan sering menggunakan keyboard ekternal, otomatis keyboard laptopmu nggak cepat rusak karena jarang dipakai. Selain itu, hal tersebut juga bisa mempertahankan nilai jual laptopmu nantinya.

Selain itu, keyboard laptopmu juga nggak bakal cepat kotor. Karena sebagian besar waktumu saat mengetik menggunakan keyboard eksternal.

Punya Keypad Numerik Khusus

Keypad numerik atau numpad adalah sekumpulan tombol dengan angka (dari 0 – 9) dan tombol operasi matematika (+, -, * dan /). Tombol-tombol tersebut disusun dalam bentuk persegi panjang, bukan dengan susunan linier pada barisan bilangan. Pengaturan ini akan membuat numpad terasa seperti kalkulator, dan proses penghitungan lebih mudah serta cepat.

Beberapa tipe laptop biasanya nggak dibekali fitur numpad. Kalau laptopmu nggak punya fitur numpad tapi pekerjaanmu selalu berurusan dengan angka, nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan keyboard eksternal. Soalnya keyboard jenis ini sudah pasti punya fitur numpad yang akan mempermudah kerjaanmu.

Gampang Dibersihkan

Sudah bukan rahasia lagi kalau tombol keyboard gampang kotor, apalagi keyboard laptop. Selain itu keyboard yang sering dipakai juga lebih cepat halus (karena mekanisme chiclet-nya), sulit dibongkar dan dibersihkan.

Tapi keyboard eksternal justru sebaliknya. Kamu bisa membongkar pasang tombolnya dengan mudah, membersihkannya, lalu memasangnya kembali seperti semula.

Kekurangan Menggunakan Keyboard Eksternal

Kurang Portabel

Keyboard eksternal akan membuat pengaturan laptopmu kurang portabel. Kenapa? Karena kamu nggak bisa lagi membawa laptop dalam tas yang ramping. Kamu harus membawa tas berukuran lebih besar untuk menampung keyboard eksternal, apalagi kalau keyboard eksternalmu itu berkabel.

Boros Ruang Kerja

Keyboard eksternal akan memakan lebih banyak ruang kerja, tergantung ukurannya. Makanya perangkat ini nggak cocok kalau kamu tipikal orang yang suka hal-hal minimalis. Atau kalau kamu tipikal orang yang sering menggunakan laptop sambil nangkring di tempat tidur/sofa, pemakaian keyboard eksternal sepertinya bukan pilihan yang tepat.

Oke, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan keyboard eksternal buat laptop. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa pertimbangkan apakah tetap perlu membeli keyboard eksternal atau nggak.

    %d blogger menyukai ini: