Microsoft Bekerja Sama dengan Cruise dan GM untuk Mobil Otonom

Microsoft mengumumkan kerja sama jangka panjang dengan Cruise dan General Motors (GM) untuk mempercepat adaptasi mobil otonom di masyarakat.

Kerja sama ini diumumkan oleh Microsoft melalui situs resmi mereka. Dalam pengumuman ini, Microsoft menyebutkan kalau ketiga perusahaan akan memadukan keahlian mereka, baik pengembangan perangkat keras dan lunak, kemampuan manufaktur, dan ekosistem untuk menciptakan dunia yang lebih aman, lebih bersih, dan lebih mudah digapai oleh semua orang.

Cruise disebut akan menggunakan teknologi cloud dari Microsoft, yaitu Azure, untuk mengembangkan sistem setir-sendiri di mobil mereka. Microsoft juga akan membantu mengembangkan sistem itu jadi lebih baik.

Selain itu, Microsoft juga bergabung bersama General Motor, Honda, beberapa investor lain untuk menanamkan investasi lebih dari $2 milyar di Cruise.

Sebagai tambahan, GM juga akan memakai layanan Microsoft untuk mempercepat proses digitalisasi mereka, termasuk penyimpanan data dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Untuk yang belum tahu, Cruise merupakan perusahaan yang berada di bawah payung General Motors dan sedang fokus mengembangkan mobil otonom. Pada tahun 2020, Cruise juga mengumumkan mobil otonom Cruise Origin, yang tanpa pedal dan setir, juga (kelihatannya) merupakan transportasi umum.

Kerja sama antara Microsoft dengan Cruise dan GM ini memang bukan untuk sebuah produk dengan cap “mobil Microsoft” (seperti Apple). Toh melihat konsep mobil dari Cruise yang tanpa setir atau pedal ini sangat menarik. Kita lihat saja perkembangannya bagaimana.

%d blogger menyukai ini: