10 Pekerjaan Online Yang Bisa Dilakukan Tanpa Uang

Baiklah, mungkin ini agak lebay, karena saat ini semuanya membutuhkan uang. Kencing di tolilet umum pun tidak gratis di era ini. Termasuk kerja online. Daftar pekerjaan online yang bisa dilakukan tanpa uang disini adalah, meski kalian bukan orang kaya, kalian bisa melakukan pekerjaan ini langsung tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit.

Dengan berbekal kemampuan dan internet, kalian bisa melakukan pekerjaan dan bahkan bisa berkarir di dunia tersebut. Silakan nikmati dan resapi pekerjaan online pilihan kami, siapa tahu kalian tertarik untuk berkarir disana.

Inilah 10 pekerjaan online yang bisa kalian lakukan

Internet Marketer

Jangan remehkan pekerjaan ini. Bisa jadi ini adalah profesi yang paling menguntungkan di dunia internet saat ini. Tugasnya tak jauh beda dengan marketer pada umunnya. Dengan kemampuan analisa pasar dan memahami pengetahuan produk, kalian bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan ribu dollar.

Jika di luar negeri kalian mendengar nama Darren Rowse, John Cow, Neil Patel atau Charles Ngo, di Indonesia kalian bisa meniru apa yang dilakukan oleh Irwan Kartadipura atau yang dikenal dengan Charlie Number7 a.k.a PriaMalas.

kerja online internet
Foto dengan mobil milik PriaMalas

Blogger

Saat ini, blogger kembali naik daun. Banyak brand mulai melirik kembali para blogger untuk mengampanyekan jualan mereka. Hilangnya seleb-seleb blogger lawas (yang lebih tertarik jadi buzzer sosial media) membuat ceruk ngeblog menjadi lebih terbuka. Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi blogger terkenal adalah, bisa memberikan konten menarik dalam tulisannya dan networking yang luas, terutama dengan para agency.

Di Indonesia, kita bisa menyebut Raditya Dika, Bernad Batubara atau Shitlicious sebagai blogger yang sukses dan terkenal. Ya, meski sekarangd ua diantaranya lebih sibuk dengan akun YouTube mereka dibandingkan menulis blog.


Baca juga: 4 Aplikasi Blog Offline Editor Pilihan


Vlogger

Ah, tak perlu dijelaskan lagi. Bahkan di kalangan bocah-bocah ingusan, vlogger adalah cita-cita mulia mereka saat dewasa nanti. Jangan ditertawakan, faktanya banyak Vlogger Indonesia yang bergelimang rejeki dari brand-brand yang mengajak kerjasama. Tak perlulah saya menyebutkan contoh vlogger sukses di Indonesia. Kalian lebih tahu.


Baja juga: 4 Tips Jitu Menjadi Video Kreator dalam Satu Hari


Penulis

Jangan dikira penulis tak bisa mendapatkan uang dari internet. Permintaan konten yang sangat banyak dari berbagai perusahaan atau startup membuka peluang untuk kalian bisa mengisi konten disana. Jika tidak punya networking langsung, kalian bisa mendaftar di beberapa platform freelancer khusus penulis seperti tulizin atau kontenesia.

Ngelapak

Ini adalah profesi yang menjamur sejak internet di kenal luas di Indonesia. Banyaknya platform e-commerce di Indonesia menambah kemudahan kalian untuk berjualan di internet. Barang apapun bisa saja kalian jual disana. Saya punya teman yang pernah sukses menjual air laut melalui internet. Sadis!

Jualan kaos

Sama seperti ngelapak, tapi ini lebih spesifik. Permintaan akan kaos yang keren dan unik tidak juga berkurang. Jika kalian bisa desain kaos, mengapa tak menjualnya? Tak perlu ribet dengan urusan produksi, toh ada layanan sepetti Tees atau Teespring untuk menjual kaos secara online tanpa ribet.

Buzzer sosial media

Ah, ini adalah profesi yang mendadak nge-hit setelah era SBY. Kesadaran para pelaku bisnis dengan dahsyat-nya pengaruh sosial media menjadikan profesi ini menjadi laris. Tema politik tentu saja masih menjadi jualan paling laris disini, tapi untuk industri lain, menggunakan buzzer atau influencer sosial media juga kerap terjadi.

Desainer

Jika kalian memiliki kemampuan membuat font, icon, template atau yang sejenisnya. Kalian bisa dengan mudah menjual karya kalian di layanan-layanan semacam graphicriver, themforest, shutterstock dll. Atau jika kalian ingin menawarkan jasa, bisa bergabung di freelancer, 99designs dan sejenisnya.

Khusnun Irawan, salah satu desainer sukses

Web developer

Hampir sama dengan profesi desainer. Sebagai web developer, kalian bisa menjual jasa melalui internet. Kalian juga bisa menjual produk kalian di codecanyon atau layanan sejenis.

Fotografer

Hobi fotografi dan punya banyak stok foto bagus? jangan cuma di simpan di hardisk. Kalian bisa menguangkannya dengan menjualnya melalui situs-situs jualan foto online seperti Shutterstock, Getty Images, iStock Photo dll.


Baca juga: Tips Memotret Hitam Putih


Pemilik media online

Oke, jangan berfikir ini adalah media online besar seperti Detik. Kalian bisa membuat media online dengan gampang saat ini. Beli domain, install themes dan isi konten. Semudah itu. Nah untuk membuatnya untung, kalian harus cari tema menarik yang diinginkan oleh pengguna internet.

Jika visi kalian hanyalah mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, maka berita bombastis dan hoax adalah kunci untuk mendapatkan trefik yang tinggi. Trefik tinggi sama dengan uang.

Kerja online memiliki banyak keuntungan, bisa kerja dimana saja dan kapan saja. Di era saat ini, kerja online sepertinya akan semakin banyak diganderungi oleh anak-anak muda mendatang.


Baca juga: 5 Layanan untuk Mencari Coworking Space Terbaik


Nah itulah 10 pekerjaan online yang bisa langsung kalian lakukan. Tak perlu mengrimkan surat lamaran, mengikuti tes dan wawancara. Mana yang menarik buat kalian?

    %d blogger menyukai ini: