Kini Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SKCK Secara Online

Malas bolak-balik ke kantor polisi untuk buat SKCK? Tenang, sekarang bikin SKCK bisa via online. Seperti ini cara membuat SKCK secara online.

Kalian pernah mendengar istilah SKCK? Sebagian besar dari kalian tentu tidak asing dengan istilah tersebut. Apalagi untuk kalian yang saat ini sedang mencari pekerjaan.

Nah, SKCK sendiri mempunyai kepanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Secara gamblang, SKCK sering dikenal sebagai surat kelakuan baik.

Untuk mendapatkan SKCK, kita perlu mengurusnya ke Polsek dan Polres. Nah, proses inilah yang kadang membuat orang malas buat SKCK.

Tapi jangan khawatir, sebab kini SKCK sudah bisa dibuat secara online. Lalu seperti apa caranya? Simak cara membuat SKCK secara online di bawah ini.

Sumber Gambar : Toko Puas

Cara Membuat SKCK Secara Online

Kalian mungkin bertanya, apakah sidik jari masih dibutuhkan saat membuat SKCK online. Tenang, sekarang membuat SKCK online tidak membutuhkan rekam sidik jari.

Kenapa begitu? Sebab semua hal saat ini sudah serba digital. Kita patut berterima kasih dengan kemajuan teknologi saat ini. Bahkan masalah sidik jari untuk SKCK bisa diambil dari NIK di KTP.

Namun sebelum membuat SKCK online, kalian perlu menyiapkan beberapa dokumen. Dokumen tersebut harus kalian pindai dan dilampirkan ke website.

Berikut ini beberapa dokumen yang perlu kalian persiapkan. Oya, dokumen ini juga berlaku ketika kalian ingin memperpanjang SKCK.

  • Surat Pengantar dari Kelurahan setempat.
  • Paspor (jika ingin ke luar negeri).
  • SIM / KTP (pastikan alamat di kartu sama dengan yang di Surat Pengantar).
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Akta Kelahiran / Ijazah.
  • Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar (background merah).

Setelah syarat di atas terpenuhi, kini kalian bisa mulai membuat SKCK online. Ada tiga tahapan yang perlu kalian lalui untuk bisa mendapatkan SKCK secara online.

Masuk ke Website SKCK Online

Setiap wilayah memiliki website pembuatan SKCK yang berbeda. Pembagian website di atur sesuai tempat tinggal dari pemohon.

Berikut ini website SKCK online dari beberapa wilayah di Indonesia:

  • polri.go.id (Daerah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok)
  • poldajabar.org daftarskckbogor.com (Polda Jawa Barat)
  • jateng.polri.go.id (Polda Jawa Tengah)
  • skck.online, polresbanyuwangi.com, sidoarjo.skck.online, resmalangkotaskck.com (Polda Jawa Timur)
  • polri.go.id (Polda Bali)
  • polrestapontianakkota.org (Polda Pontianak)
  • com (Polres Balerang)
  • org (Polres Palembang).

Kalian bisa buka website di atas sesuai domisili saat ini. Setelah berhasil masuk ke website, silakan ikuti metode selanjutnya.

Unggah Foto dan Dokumen

Sebelumnya saya telah menyampaikan persyaratan SKCK online. Jika persyaratan sudah lengkap, sekarang kalian bisa mengunggahnya ke website.

Setelah kalian berhasil masuk ke website yang dituju, kalian akan diarahkan ke menu pengisian data pribadi. Silakan unggah foto dan dokumen yang sebelumnya telah kalian siapkan.

Isi Data Diri Secara Lengkap

Setelah mengunggah file, kalian bisa mengisi data diri. Ingat, pastikan kalian mengisi data yang dibutuhkan dengan benar. Jangan sampai data tidak sinkron dengan dokumen yang dilampirkan.

Biasanya website akan menanyai riwayat keluarga, riwayat pendidikan, hingga riwayat pribadi. Ada pula pertanyaan tentang tujuan kalian membuat SKCK, hingga pernah atau tidak terlibat tindak pidana.

Isilah semua data sesuai kondisi kalian. Gunakan pula bahasa yang santun. Jika data sudah terisi, teliti kembali dan klik tombol β€˜Kirim Data’ untuk proses lebih lanjut.

Ketika proses selesai, kalian akan mendapatkan nomor Briva. Nomor ini digunakan untuk membayar biaya administrasi via BRI Mobile Banking, ATM BRI, teller BRI, hingga mesin EDC BRI.

Setelah kalian membayar biaya administrasi, kalian akan mendapat kode registrasi. Simpan dengan baik kode tersebut. Sebab kode ini dibutuhkan ketika kalian mengambil SKCK fisik di kantor polisi.