Berbagi Kiriman Hanya Untuk Teman Dekat Instagram

edit foto instagram

Ingin foto atau video kiriman Instagram hanya dilihat orang tertentu? Jangan kuatir. Kamu bisa membatasi kiriman agar hanya bisa dilihat oleh teman dekat Instagram.

Membatasi kiriman β€” terutama di Instagram β€” memang agak terdengar aneh. Ngapain share ke media sosial kalau terbatas? Lagipula, kalau mau bisa share ke grup lewat Instagram Direct.

Tapi toh kemungkinan seperti itu selalu ada. Adanya pilihan lain juga membuat kita bisa lebih fleksibel. Ya kan?

Nah, sebelum bisa berbagi foto dan video hanya untuk teman dekat, tentunya kamu harus menentukan dulu siapa saja yang kamu anggap teman dekat.

Cara Menentukan Teman Dekat Instagram

  1. Di aplikasi Instagram, pilih halaman ‘Profil.
  2. Tekan pilihan ‘Edit Daftar Teman Dekat Anda‘.
  3. Instagram akan memberi saran siapa saja yang bisa jadi teman dekat (yang saling follow).
    Tekan tombol ‘Tambahkan‘ untuk memilih teman.
  4. Teman yang kamu tambahkan akan pindah ke kolom ‘Daftar Anda‘.
  5. Tekan ‘Selesai‘ di pojok kanan atas.

membuat daftar teman dekat instagram

Ketika kamu memberi konfirmasi pilihan teman dekat tersebut, Instagram akan memberitahu orang yang kamu pilih. Notifikasi tersebut hanya berjalan sekali, yaitu pada saat pertama kali. Setelah itu, walau kamu menghapus dan menambahkan kembali, mereka tidak menerima notifikasi lagi.

Kemudian, hanya kamu yang bisa melihat daftar teman dekat yang sudah kamu buat. Daftar ini tidak muncul di profil atau di tempat lain.

Membuat Kiriman untuk Teman Dekat

Prosesnya sama seperti kamu membuat kiriman biasa. Memotret (atau ambil dari galeri), edit foto, lalu bagikan. Nah, di bawah kotak keterangan (caption), kamu akan melihat pilihan untuk membagikan ke teman dekat. Kalau aktif, kiriman itu akan terbatas bisa dilihat teman dekat Instagram saja.

bagi kiriman ke teman dekat instagram

Pilihan berbagi ke teman dekat ini tidak semata-mata “membatasi”. Tapi lebih memberi cara lain berinteraksi di timeline. Misalnya, kalau kamu termasuk yang jarang menggunakan Direct, pilihan ini mungkin lebih sesuai. Karena caranya sama seperti membuat kiriman biasa.

Selain itu, dengan teman dekat Instagram, kamu punya jalan tengah antara akun publik dan akun privat. Kamu tetap bisa membuat kiriman publik dan tetap bisa membatasi privasi kiriman. Sekali lagi, lebih fleksibel. Ya kan?