Qualcomm & ASUS Kerjakan Ponsel Gaming dengan Snapdragon 875

Qualcomm bekerja sama dengan ASUS untuk membuat smartphone gaming pertamanya. Smartphone ini kabarnya bakal memakai Snapdragon 875.

Industri game saat ini memang telah berkembang pesat. Khususnya game mobile. Diawali dengan populernya game Mobile Legends, Garena AOV, PUBG Mobile, dll. Membuat peminat game mobile langsung membludak.

Karena peminatnya banyak, perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan smartphone gaming. Katakanlah seperti ASUS ROG Phone, ROG Phone 2, ROG Phone 3, Lenovo Legion, dll.

Qualcomm yang notabene pembuat chipset juga ikut tergiur. Perusahaan ini rencananya akan membuat smartphone gaming pertamanya dan turut menggandeng ASUS sebagai mitra kerja.

Qualcomm Gaet ASUS Buat Smartphone Gaming

Dikutip dari XDA-Developers, smartphone gaming Qualcomm diprediksi tiba pada akhir tahun 2020. Smartphone ini digadang-gadang akan memakai chipset Snapdragon 875.

Dalam pembuatannya, ASUS akan fokus ke perangkat keras dan desain. Sedangkan Qualcomm lebih ke desain industri dan pengoptimalan integrasi perangkat lunak dengan Snapdragon 875.

Qualcomm sepertinya akan mengikuti jejak NVIDIA di tahun 2016. Yakni dengan memperkenalkan jajaran GPU ‘Founders Edition.’ Lewat strategi ini, perusahaan akan mendapat keuntungan lebih karena bisa menjual GPU-nya sendiri.

Sementara itu, pemilihan ASUS sebagai mitra kerja juga pilihan tepat. Mengingat ASUS punya rekam jejak yang bagus dalam pembuatan perangkat gaming.

Contohnya ponsel gaming ROG Phone 3. Saat ini perangkat tersebut dinilai sebagai ponsel gaming terbaik yang mengemas chip andalan Qualcomm, Snapdragon 865+.

Menariknya lagi, rupanya telah ada kesepakatan untuk membeli bersama komponen untuk ROG Phone dan ponsel gaming Qualcomm. Seperti pembelian display, memori, modul kamera, baterai, dan sistem pendingin.

Itu artinya, ponsel gaming Qualcomm nanti akan punya beberapa elemen yang sama dengan ROG Phone. Kedua perusahaan kabarnya akan memproduksi 1 juta ponsel setahun. 500.000 ponsel untuk Qualcomm, sedangkan sisanya akan berada di bawah ROG Phone.

Wah, jadi tidak sabar. Saya penasaran, kira-kira akan seperti apa ponsel gaming pertama buatan Qualcomm. Bagaimana dengan kalian? Penasaran juga?

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: