Bagaimana Koneksi 5G Akan Merubah Gaya Hidup?

koneksi 5G

Koneksi 5G akan segera hadir. Mungkin dalam beberapa tahun mendatang, atau bahkan bisa lebih cepat. Pernahkah kamu membayangkan perubahan apa yang akan terjadi? Kami akan mengajakmu untuk membayangkan sejenak.

Untuk sedikit mengintip ke masa depan, mungkin kita perlu menengok sebentar ke masa lalu.

Koneksi Internet Membawa Perubahan Gaya Hidup

Sudah beberapa tahun ini kita menikmati koneksi 4G. Anak jaman sekarang mungkin tidak merasakan perubahan dari 2G ke 3G lalu ke 4G. Tapi kalau kamu mengingatnya, perubahan yang terjadi sungguh luar biasa.

Koneksi 3G (dan kemudian 3.5G) telah membuka wawasan internet menjadi lebih luas. Pengalaman menelusuri internet meningkat. Beberapa teknologi berkembang di sini. Integrasi GPS dan aplikasi berbasis lokasi, video streaming dan video conference (walau belum nyaman), dan tentu saja perkembangan media sosial.

kecepatan internet untuk main game

Lalu, koneksi 4G datang. Cara berkomunikasi dan perilaku ber-internet kita pun berubah. Sekarang kita bisa menonton video streaming atau mendengarkan musik online. Kita memilih berkomunikasi lewat video daripada hanya teks. Lalu kita bisa main game online di handphone dengan seru.

Semua kita lakukan melalui handphone dan serba online. Semua? Maaf, hampir semua.

[irp posts=”41403″ name=”Mengenal Lebih Jauh Soal Speed Test Internet”]

Kecepatan Koneksi 5G

Memangnya seberapa cepat sih koneksi nirkabel generasi kelima ini (ya, 5G berarti 5th Generation)? Apa perkembangannya benar-benar akan merubah kehidupan?

Secara teori, koneksi 5G bisa memiliki kecepatan download data sampai 1 Gb/s. Lalu tingkat latency-nya juga sangat rendah. Yah, tentunya akan bervariasi sesuai frequency channel dan aspek koneksi lain (misalnya wilayah).

kecepatan koneksi 5g
Kecepatan koneksi 5G (Foto: #iamaniff)

Di acara Taiwan 5G Industry Alliance sempat ditunjukkan sebuah demo yang menarik. Salah satu anggota tim XDA Developer membagi foto di Twitter. Foto itu menunjukkan sebuah handphone (bocoran HTC U12) dengan aplikasi Speed Test yang menunjukkan kecepatan koneksi 5G.

Kecepatan yang ditunjukkan memang luar biasa. Ping 13 ms, Download 809,58 mbps, dan Upload 49,87 Mbps. Woyoooo….

Imbas Kecepatan Koneksi 5G

Melihat koneksi seperti itu, saya membayangkan semua perangkat bisa terhubung melalui internet. Teknologi IoT (Internet of Things) bisa benar-benar hadir secara praktis.

Secara praktis di sini berarti bisa dinikmati hampir semua orang. Seperti juga sekarang semua orang bisa menikmati nonton YouTube tanpa buffering.

Lalu perubahan apa yang mungkin terjadi? Hm, saya kira untuk media (video dan audio) sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Bisa jadi TV konvensional akan berubah jadi TV internet. Begitu pun dengan game online. Kompetisi game akan bisa lebih seru.

Yang jelas, pengalaman penggunaan akan meningkat pesat. Ya, yang saya maksud di sini adalah teknologi virtual reality dan augmented reality. Dengan komunikasi antar perangkat yang cepat, platform VR dan AR akan punya kualitas lebih baik. Pada akhirnya memberikan pengalaman “yang lebih nyata” dan praktis.

Lalu apa lagi? Beberapa tahun terakhir ini kita sudah sering mendengar soal mobil otonom. Mobil yang berjalan sendiri tanpa supir. Hanya dengan panduan GPS dan berbagai sensor. Misalnya Waymo dan Tesla.

Dengan kecepatan koneksi tinggi, tidak hanya arahan yang lebih akurat, tapi penggunaan mobil pun lebih aman. Apabila ada masalah, sensor bisa mengirim sinyal lebih cepat dan komponen mobil (rem) bisa bereaksi lebih cepat.

Jadi skala perubahannya memang besar-besaran. Secara ekonomi pun akan banyak peluang muncul (seperti banyaknya YouTuber saat ini di era 4G). Tidak heran Qualcomm menyebutnyathe platform for invention“.

Di sisi lain, harus kita akui bahwa (secara umum) kita di Indonesia relatif lambat dalam menikmati teknologi seperti ini. Potensi koneksi 4G pun belum kita nikmati secara merata dan optimal. Walau begitu, mengikuti perkembangan koneksi 5G ini cukup membuat bergairah. Apa yang kamu harap dari koneksi ini? Akankah ini jadi kebangkitan Skynet? ????