Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

OnePlus Konfirmasi Kolaborasi Dengan Hasselblad Untuk Kamera Ponsel

Anom Penulis

Akhirnya OnePlus mengumumkan kolaborasi dengan Hasselblad untuk kamera smartphone mereka. Bersama itu, mereka juga mempublikasikan tanggal rilis smartphone seri OnePlus 9.

Kabar soal kerjasama OnePlus dengan Hasselblad sebelum ini muncul di video Dave2D. Dave mendapat bocoran informasi beserta foto-foto prototipe ponsel OnePlus 9 dengan merek Hasselblad di modul kamera.

modul kamera oneplus 9 dengan merek hasselblad

Konfirmasi OnePlus

OnePlus kini sudah memberi informasi secara resmi kalau mereka akan mengumumkan smartphone OnePlus 9 Series pada tanggal 23 Maret 2021. Yah, memang OnePlus kini sudah tidak masuk pasar Indonesia secara resmi. Toh berita ini tetap menarik.

Selain konfirmasi tanggal rilis tersebut, OnePlus juga mengumumkan kerjasama dengan produsen kamera medium format populer, Hasselblad. Kolaborasi ini bertujuan mengembangkan sistem kamera yang lebih bagus di smartphone.

Sistem Kamera ala Hasselblad

OnePlus berniat melakukan investasi sebesar 150 juta Dollar dalam kolaborasinya dengan Hasselblad selama tiga tahun mendatang. Ini jelas menarik.

Kedua perusahaan ini disebut sedang mengembangkan optimalisasi gambar dari sisi perangkat lunak. Misalnya untuk kalibrasi warna dan sensor kamera yang disebut “Natural Color Calibration with Hasselblad.”

Selain itu, nanti juga akan ada mode kamera baru, yaitu Hasselblad Pro Mode. Mode ini akan membawa tampilan dan sistem pengolahan gambar dari Hasselblad. Pengguna bisa mengatur berbagai setelan layaknya fotografer profesional.

Kita tahu kalau beberapa merek ponsel sudah bekerjasama dengan perusahaan terkenal dari bidang fotografi. Huawei dengan Leica atau Nokia dengan Zeiss merupakan contohnya. Dari kerjasama dengan Hasselblad ini, OnePlus berniat mengejar ketinggalan mereka di wilayah fotografi dari pesaing lainnya.

Walau tidak semua negara mendapat akses ke produk OnePlus, merek ini merupakan smartphone populer di negara barat. Terutama karena memberikan fitur canggih dengan harga yang lebih terjangkau.

Kita lihat saja nanti bagaimana perkembangan kamera di ponsel OnePlus seiring kolaborasi mereka dengan Hasselblad.