Samsung Pamerkan Konsep Kacamata AR untuk Saingi Apple Glass

Ada rumor yang menyebutkan bahwa Samsung tengah mengembangkan konsep kacamata AR. Apakah konsep ini dibuat untuk menyaingi Apple Glass?

Perkembangan smartphone memang sangat pesat selama dekade terakhir. Bahkan keberadaan smartphone mampu menggantikan komputer konvensional dalam beberapa hal.

Meski sekarang bentuk smartphone makin canggih, namun perusahaan teknologi sepertinya ingin mengembangkan hal lain yang lebih inovatif. Contohnya perangkat AR wearable yang bisa menggantikan smartphone.

Sebelumnya, Apple dilaporkan sedang mengerjakan kacamata AR bernama Apple Glass. Sekarang giliran pesaingnya, Samsung, yang digosipkan mengembangkan kacamata serupa.

Samsung Kembangkan Konsep Kacamata AR

Leaker terkenal WalkingCat, baru-baru ini mengunggah dua video pendek di Twitter. Video-video tersebut menampilkan tampilan paling detail dari visi AR jangka panjang Samsung.

Kalau dilihat dari video pertama, sekilas video ini seperti mempromosikan produk komersial yang asli. Namun dilansir dari Phone Arena, video itu ‘murni’ untuk tujuan penelitian dan pengembangan internal.

Di sisi lain, video di atas kemungkinan masih berupa konsep yang dinamai Samsung Glasses Lite. Jadi teknologi atau produk jadinya tidak mungkin terwujud dalam waktu dekat.

Yah, dilihat dari videonya, konsep ini memungkinkan kacamata bisa dipakai untuk main game, nonton film, mengirim email, atau bahkan video call. Semua kegiatan dilakukan dengan bantuan layar transparan.

Di videonya juga kelihatan jelas. Bahwa Samsung ingin mengintegrasikan kacamata ini dengan produk internal lainnya seperti Galaxy Watches dan perangkat lunak Samsung DeX.

Perlu diingat, pembuatan produk semacam itu (tanpa terikat ke ponsel, PC atau sumber daya eksternal lainnya), akan sangat rumit. Tentunya harga yang dibanderol juga sangat mahal.

Hal yang sama juga berlaku untuk konsep Samsung AR Glasses. Bisa kalian lihat di video kedua ini. Video ini masih dari sumber yang sama. Di caption­-nya, akun tersebut mengatakan ini adalah ‘versi holografik 3D’ dari Glasses Lite.

Kalau Glasses Lite bisa dibilang sebagai saingan Apple Glass, beda dengan konsep yang kedua. Konsep yang dinamakan Samsung AR Glasses ini bisa disebut calon rival Microsoft HoloLens 2.

Terlihat jelas bahwa konsep kacamata ini diperuntukkan untuk kegiatan bisnis. Kacamata ini bisa menampilkan AR Office, Holo Call, serta AR Simulation. Hm, cukup menarik ya.

Tidak jauh beda dengan Glasses Lite, AR Glasses dipastikan berharga mahal. Sebagai gambaran, Microsoft HoloLens 2 dibanderol $3.500.

%d blogger menyukai ini: