Konsep Mobil 911 Speedster Kerjasama Porsche, Epic Games, dan Nvidia

konsep porsche 911 speedster

Pengolahan gambar 3D memang semakin canggih. Epic Games bekerjasama dengan Porsche dan Nvidia untuk menunjukkan tersebut. Mereka membuat demo render 3D untuk konsep mobil sport Porsche 911 Speedster untuk acara SIGRAPH 2018.

Konsep tersebut dibuat dengan Unreal Engine 4 dan 2 kartu grafis Nvidia Quadro RTX. Bertema “The Speed of Light”, demo ini memang bertujuan untuk menampilkan kemampuan render real-time ray tracing. “The Porsche 911 Speedster Concept is the first car to be visualized with interactive real-time ray tracing,” kata Francois Antoine, Direktur HMI Epic Games, di situs resmi Epic.

Unreal Engine sendiri merupakan sebuah perangkat lunak untuk mengembangkan game atau simulasi. Game yang menggunakan Unreal Engine di antaranya adalah Fortnite, Injustice 2, PUBG, Sea of Thieves, dll.

konsep porsche 911 speedster

Sedangkan Nvidia Quadro RTX merupakan kartu grafis baru Nvidia yang menggunakan teknologi GPU Turing. Semua teknologi yang ada di dalam “RT cores” ini disebut bisa meningkatkan efisiensi sampai 25 kali untuk melakukan real-time ray tracing.

Tunggu dulu, apa itu ray tracing? Ray tracing akan membuat obyek 3D lebih nyata dengan meniru bagaimana pencahayaan di dunia nyata. Teknik ini melakukan simulasi bagaimana cahaya terpantul di berbagai obyek dan membuat bayangan. Dengan begitu menciptakan warna dan nuansa seperti di kehidupan nyata.

konsep porsche 911 speedster

konsep porsche 911 speedster

konsep porsche 911 speedster

konsep porsche 911 speedster

Harus diakui kalau konsep mobil Porsche 911 Speedster ini memang terlihat nyata. Susah membedakan apakah mobil ini obyek 3D atau mobil asli. Semua terlihat natural.

Sekarang mari kita renungkan sejenak. Seperti apa kira-kira game di masa mendatang? Tentunya akan sangat luar biasa. Jangankan main di konsol atau komputer, pengalaman main game dengan VR, AR, atau mixed reality bisa lebih kaya. OASIS di film Ready Player One sudah bukan imajinasi lagi.

Tentu saja, untuk bisa memainkan game sekelas ini kita membutuhkan perangkat yang sesuai. Tapi toh teknologi berkembang sangat pesat. 5 tahun lalu kita mungkin belum membayangkan bisa memainkan game seperti PUBG atau Fortnite di handphone.

Mengintip masa depan memang selalu menarik. Nah, kalau foto-foto di atas belum cukup, silakan lihat video demo mobil konsep Porsche 911 Speedster hasil kerjasama Epic Games, Nvidia, dan Porsche.

%d blogger menyukai ini: