Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Qualcomm Mau Bikin Konsol Android Pesaing Nintendo Switch

Indri Penulis

Kabar mengejutkan datang dari Qualcomm. Pasalnya Qualcomm kabarnya mau bikin konsol pesaing Nintendo Switch yang didukung Android.

Akhirnya setelah bertahun-tahun menekuni bisnis chipset, Qualcomm kabarnya akan segera menapakkan kakinya ‘untuk pertama kali’ ke pasar elektronik konsumen, yakni lewat produk konsol.

Dilansir dari Android Police, kabarnya jenis konsol yang akan dibuat Qualcomm mirip seperti Nintendo Switch. Cuma bedanya, konsol ini akan memakai dukungan Android.

Qualcomm Mau Bikin Konsol Android

Menurut sumber yang mengetahui strategi perusahaan, konsol game dengan dukungan Android milik Qualcomm akan menampilkan chipset Snapdragon tapi dalam bentuk yang beda dari biasanya.

Sumber Gambar : Android Police

Berdasarkan penuturan dari Android Police, mereka telah melihat gambar non-final dari konsol ini. Hanya saja, mereka tidak bisa membagikannya.

Situs tersebut mengatakan kalau bentuk konsol Qualcomm benar-benar mirip dengan Switch. Kontroler bergaya ‘joycon’ yang bisa dilepas pasang ada di sisi kanan dan kiri konsol inti. Sementara itu, konsol intinya mirip seperti smartphone tapi lebih tebal dan besar.

Kenapa Qualcomm tidak membuat konsol yang lebih tipis? Mereka punya alasan khusus. Qualcomm percaya dengan adanya ruang termal tambahan dalam desain yang lebih tebal, akan membuat prosesornya bekerja lebih cepat dan jauh lebih efisien.

Masih soal desain, leaker terkenal Mishaal Rahman mengatakan kalau konsol ini akan punya layar berukuran 6,65 inci. Hal ini ia sampaikan langsung lewat cuitan di Twitter.

Di sisi lain, konsol ini kabarnya akan mengemas baterai 6.000mAh dengan teknologi Quick Charge. Namun berapa kecepatan pengisiannya, kami belum tahu.

Baca Juga:  Qualcomm Bersiap Luncurkan Chipset Pesaing Apple M1 Tahun 2023

Layaknya Switch, konsol Qualcomm juga bakal mendukung kemampuan display-out agar bisa diputar di TV atau monitor eksternal. Tapi belum jelas, apakah konsol ini akan memakai port mini HDMI atau USB-C.

Lebih jauh lagi, konsol ini juga bakal menyediakan slot kartu SD untuk memperluas penyimpanan. Uniknya, konsol ini kemungkinan bakal debut dengan Android 12 dan didukung layanan Google Play.

Satu lagi kabar bagus khususnya buat kamu penggemar game Fortnite dari Epic Games. Kabarnya konsol ini akan mendukung aplikasi Epic Games Store. Jadi nanti kamu bakal bisa memainkan berbagai game seru seperti Fortnite lewat konsol Qualcomm.

Untuk peluncurannya, kabarnya target Qualcomm adalah meluncurkan konsol pada Q1 tahun 2022. Perusahaan akan memakai chipset terbaru Snapdragon ke konsol ini.

Namun belum jelas, apakah chipset yang akan dipakai bakal mendukung 5G atau tidak. Bisa jadi, konsol ini hanya mendukung konektivitas dengan Wi-Fi saja.

Pertanyaannya, kira-kira bisa kah konsol Qualcomm menyaingin Nintendo Switch? Mungkin saja bisa, apalagi jika konsol ini benar-benar didukung Android.

Tapi kesuksesan yang didapatkan Qualcomm tak bisa didapatkan sekejap mata. Bagaimana pun, basis penggemar Nintendo Switch hingga kini masih sangat besar.