Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Meninggal Karena Bunuh Diri, Hidup John McAfee Penuh Kontroversi

Anom Penulis

Pembuat aplikasi antivirus terkenal John McAfee ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri di penjara di Spanyol. Kejadian ini menyusul pengabulan permintaan ekstradisi Amerika Serikat oleh pengadilan di Spanyol.

John McAfee terkenal memiliki hidup yang penuh kontroversi. Ia merupakan salah satu sosok penting pada perkembangan teknologi internet di tahun 80-an dan 90-an. Namun, ia juga terkenal sering mengambil langkah beresiko tinggi dan berbahaya.

Aplikasi Antivirus McAfee

Pada tahun 1980-an, John mendapatkan sampel Brain, virus pertama yang menyerang komputer IBM, ketika ia masih bekerja di Lockheed. John kemudian membuat McAfee Associates, sebuah perusahaan antivirus yang memproduksi aplikasi terkenal itu.

Menariknya, pada tahun 1994 John menjual semua sahamnya di perusahaan itu dan tidak terlibat lagi dalam operasionalnya. Intel kemudian mengakuisisi McAfee pada tahun 2010 dan mengganti namanya menjadi Intel Security.

Lucunya, menanggapi penggantian nama itu, John menyatakan kalau ia “berterima kasih pada Intel sudah membebaskannya dari hubungan dengan perangkat lunak terburuk di dunia.” Tapi Intel kemudian menamai ulang Intel Security menjadi McAfee kembali pada tahun 2016.

Aplikasi Instant Messenger Pertama

Selepas dari McAfee Associates, John kemudian mendirikan Tribal Voice pada tahun 1994. Perusahaan ini merilis aplikasi instant messenger pertama untuk Windows, PowWow. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi pertama yang memiliki integrasi antar IM, seperti dengan AOL Instant Messenger dan Microsoft MSN. Tapi perusahaan itu pun tidak berumur panjang.

Membuat Antibiotik

Pada tahun tahun 2010, John membuat perusahaan QuorumEx di Belize yang bertujuan membuat antibiotik herbal. Obat itu disebut akan mengalahkan bakteri dengan mengganggu hubungan antara bakteri satu dengan lainnya.

Pasukan keamanan Belize (Gang Suppression Unit) kemudian mengamankan ladang herbal John dengan tuduhan memproduksi metamfetamin.

Calon Presiden Amerika Serikat

John McAfee berusaha menjadi calon presiden Amerika Serikat pada tahun 2016. Berawal dari membuat Cyber Party, ia kemudian bergabung dengan partai Libertarian. Pada tahun 2020, ia kemudian kembali mencoba peruntungannya sebagai calon presiden.

Aktivitas Cryptocurrency

John McAfee merupakan pendukung cryptocurrency. Ia juga pernah membuat heboh di tahun 2017 dengan memprediksi Bitcoin mencapai nilai $500.000 pada tahun 2020, bahkan mencapai satu juta Dollar pada tahun 2021.

Namun kegiatannya di dunia cryptocurrency itu pula yang membawanya dalam kondisi bahaya. Ia dituduh melakukan fraud dan menghindari pajak. John menghadapi ancaman penjara 30 tahun atas tuduhan itu ketika ia ditangkap di Spanyol pada tahun 2020.