Kreator IGTV Mungkin Akan Peroleh Pendapatan Iklan Dari Video Mereka

aplikasi IGTV Instagram

Seiring memanasnya persaingan media sosial berbasis video, Instagram disebut sedang merencanakan program rekanan untuk pengguna IGTV. Nantinya kreator atau influencer IGTV bisa memperoleh pendapatan dari iklan yang muncul di video mereka.

Kabar mengenai rencana itu muncul berkat bocoran dari Jane Manchun Wong. Ia berhasil memperoleh prototipe yang beredar secara internal di Instagram. Dalam gambar yang ia unggah, meman terlihat halaman ‘Instagram Partner Program’ yang menunjukkan ‘Monetization Tools’ dan verifikasi untuk bisa memperoleh pendapatan dari video IGTV.

Tech Crunch menduga kalau pembagian pendapatan iklan di IGTV ini akan mirip dengan Facebook Watch. Alasannya karena biasanya Facebook menerapkan pengelolaan iklan dari satu tempat. Kalau memang begitu, kemungkinan para kreator bisa mendapat sekitar 55% pendapatan dari “Ad Breaks”.

halaman pendapatan iklan kreator igtv

Sebelum ini, Instagram hanya bekerja sama dengan selebritas tertentu untuk “mengganti uang produksi”. Tapi belum menawarkan untuk memberi profit lebih. Para kreator pun kemudian bersandar pada sponsor lain di luar Instagram atau mendorong penonton untuk pergi ke channel YouTube mereka.

Saat ini persaingan di media sosial berbasis video memang sedang panas. YouTube sudah berhasil mapan. Sementara itu, TikTok secara agresif meningkat kepopulerannya. Apalagi sekarang juga hadir aplikasi Byte yang sejak awal sudah menawarkan program rekanan.

Bagaimanapun, konten yang menariklah yang bakal menyedot penonton dan pengguna. Untuk bisa mendapat konten yang menarik, tentu harus bisa mengikat kreator konten atau influencer. Salah satu cara jitu β€” yang sudah terbukti di YouTube β€” adalah sebagai rekanan. Yah, tidak hanya di YouTube. Lihat saja bagaimana layanan streaming Mixer merebut Ninja dari Twitch.

Di sisi lain, jelas ini bisa jadi kabar baik buat kamu para kreator konten. Bagaimana? Tertarik kan?

%d blogger menyukai ini: