Instagram akan Rilis Fitur Kustom Feed Tahun Ini. Apa Fungsinya?

Indri Penulis

Instagram akan merilis fitur kustom feed tahun ini. Dengan fitur itu, kamu bisa memilih konten yang ingin ditampilkan di feed sesuai kategori.

Nggak terasa ya, kita sekarang sudah masuk di tahun 2022. Hm, mungkin itu jugalah yang dirasakan oleh Instagram. Nggak jauh beda dengan manusia yang punya target tersendiri di tahun 2022, Instagram juga sama.

Beberapa waktu lalu, Instagram sempat membeberkan fokus yang akan mereka lakukan di tahun 2022. Beberapa diantaranya adalah fokus mengembangkan fitur Reels, pesan, dan juga privasi.

Nggak berhenti sampai di situ, baru-baru ini kepala Instagram, Adam Mosseri, juga membeberkan fitur apa yang baka dirilis Instagram tahun ini. Lewat akun Twitter-nya, Adam Mosseri mengatakan jika Instagram akan merilis fitur kustom feed tahun ini.

Seperti yang dikatakan Adam, pengguna Instagram akan memiliki tiga opsi kustom yang bisa dipilih yakni  Home (Beranda), Favorites (Favorit) dan Following (Diikuti). Opsi tersebut bisa diakses lewat menu dropdown yang ada di sudut kiri atas layar utama.

Home adalah kustomisasi feed berbasis AI yang sudah ada saat ini. Dia adalah opsi default yang menampilkan postingan sesuai algoritme (postingan yang sering kamu like atau melakukan interaksi dengan akun tersebut). Saat fitur kustom rilis, opsi Home akan menampilkan lebih banyak postingan dari ‘akun yang tidak kamu ikuti.’

Favorite adalah opsi yang ‘hanya menunjukkan’ postingan akun yang kamu favoritkan. Kamu bisa memfavoritkan beberapa akun (bisa teman, gebetan, pacar atau keluargamu) dan pilih opsi ini. Setelah itu, kamu hanya akan melihat postingan orang-orang tadi. Kamu nggak bakal melihat postingan akun yang tidak masuk daftar favorit.

Following merupakan opsi yang hanya akan menampilkan konten, dari akun yang kamu ikuti. Jadi kalau opsi Home menampilkan postingan dari ‘akun yang nggak kamu ikuti,’ sedangkan Following hanya menampilkan konten dari ‘akun yang kamu follow.’

Sementara itu, Adam menyebutkan kalau fitur anyar tersebut akan diluncurkan secara bertahap. Kalau semuanya berjalan lancar, semua pengguna Instagram akan bisa menikmatinya pada pertengahan tahun 2022.

    %d blogger menyukai ini: