Mobil Sport La Bandita Dirancang dengan Virtual Reality

hackrod la bandita speedster

Teknologi memang bisa memberikan hal luar biasa. Seperti mobil sport La Bandita. Sebuah mobil yang dirancang dengan teknologi mixed reality, direkayasa dengan artificial intelligence, dan diproduksi dengan cetak 3D.

Hackrod adalah sebuah perusahaan manufaktur digital. Mereka memiliki mimpi untuk melakukan perubahan besar dalam produksi kendaraan. Didukung oleh Siemens Digital Platform, mereka melahirkan La Bandita.

La Bandita adalah sebuah mobil speedster. Seperti juga nama perusahaannya, nama dan jenis mobil La Bandita mencerminkan visi di atas. Ganas, liar, dan canggih.

Hackrod menyebutkan bahwa tiap mobil La Bandita unik. Karena mereka mengajak konsumen ikut dalam proses produksi. Menjadi co-creator untuk mewujudkan mobil impian.

[irp posts=”50626″ name=”Cora: Taksi Terbang dari Kitty Hawk”]

Konsumen akan ikut menentukan detil rancangan mobil. Baik dari segi estetika maupun kenyamanan (penyesuaian posisi menyetir, dll). Mixed reality — dalam hal ini virtual reality — membantu proses tersebut.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Hackrod memanfaatkan 3D printing dalam proses produksi. Misalnya, kerangka La Bandita dicetak dari bahan aluminium alloy 2319 dengan mesin CNC.

Lalu, di mana andil artificial intelligence? Tentu saja, ada di pengolahan data, kalkulasi, dan pengembangan teknologi.

hackrod la bandita speedster

Dengan memanfaatkan teknologi masa depan seperti ini, Hackrod berharap bisa melakukan proses pembuatan prototipe, uji coba, dan produksi semakin efisien. Tanpa membutuhkan sumber daya atau peralatan yang bersifat masif.

Kalau kita lihat, semua bagian prototipe La Bandita memang berbau “masa depan”. Bentuknya memang terinspirasi dari mobil hotrod. Tapi detil mobil ini sangat futuristik.

Namanya juga sebuah revolusi teknologi. Mungkin desain yang mencolok seperti ini memang perlu untuk menarik perhatian. Mungkin juga teknologinya belum sampai pada titik yang menjangkau semua orang. Sehingga pangsa mobil sport-lah yang pertama dituju.

[irp posts=”42415″ name=”Flash: Sepeda Listrik Canggih dan Dilengkapi Aplikasi”]

Toh proses produksinya sendiri pun cukup mencuri perhatian. Bayangkan kita bisa memesan La Bandita, tapi dengan versi convertible, bisa keluar atap saat hujan. Mengingat konsumen adalah co-creator dengan teknologi mixed reality, hal itu bisa saja terjadi.

Lalu bayangkan ketika teknologi seperti ini sudah lebih terjangkau. Membuat modifikasi mobil akan jauh lebih mudah. Tapi berapa lama lagi ya?

la bandita speedster

La Bandita speedster tampak atas

la bandita tampak depan

la bandita speedster tampak samping

la bandita speedster tampak belakang