Makin Ketat, Akun Bot Twitter Bakal Punya Label “Khusus” Akhir Tahun Ini

Indri Penulis

Asyik! Semua akun bot Twitter bakal diberi label “khusus” akhir tahun ini. Jadi kita bisa bedain mana akun asli, dan mana yang dijalankan robot deh.

Sudah menjadi rahasia umum kalau nggak semua akun yang ada di Twitter itu dipegang manusia. Lho maksudnya? Iya, selama ini nggak sedikit akun Twitter yang ternyata dipegang oleh robot.

Dijuluki sebagai akun bot Twitter, akun-akun ini nggak jarang memposting informasi yang membingungkan banyak orang. Bahkan nggak jarang, akun-akun ini dipakai untuk menerbitkan info-info hoax yang tentunya meresahkan banyak orang.

Tapi nggak semuanya seperti itu sih. Banyak juga akun Twitter otomatis yang justru sangat membantu banyak orang. Contohnya akun-akun yang memposting informasi soal kesehatan dan lainnya.

Biar pengguna bisa membedakan mana akun Twitter yang dipegang manusia, dengan akun yang dipegang oleh robot, Twitter rupanya berencana untuk membuat label khusus.

Twitter Uji Coba Label “Khusus” Buat Akun Bot

Rencana ini sebenarnya telah diutarakan Twitter sejak tahun 2020, “Di tahun 2021, kami berencana untuk membuat jenis akun baru untuk membedakan akun otomatis, dengan akun yang dijalankan oleh manusia,” tulis Twitter di blog resminya tahun lalu.

September ini, Twitter sudah mulai menjalankan proses uji coba pada fitur tersebut. Dikutip dari The Verge, dalam uji coba kali ini, Twitter mengundang beberapa pengembang untuk menerapkan label khusus ke akun mereka.

Untuk akun yang masuk tahap pengujian dan telah mengaktifkan label, label “Automated” akan muncul dalam halaman profil dan di tweet mereka.

Lebih lanjut, Twitter mengatakan kalau semua pengembang bakal bisa menikmati fitur anyar ini mulai akhir tahun 2021. Ya, ‘sedikit’ lebih lambat dari jangka waktu yang dijanjikan Twitter sebelumnya (janji awalnya dulu bulan Juli).

Nggak cuma itu, Twitter kini juga tengah mengerjakan label khusus untuk mengenang orang yang telah meninggal. Sama seperti fitur label untuk akun otomatis, label khusus orang meninggal juga bakal tersedia tahun ini.

    %d blogger menyukai ini: