Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Cegah Info Hoax! Twitter Beri Label Informasi Sesat Soal COVID-19

Cegah Info Hoax! Twitter Beri Label Informasi Sesat Soal COVID-19
Avatar of Indri
Indri Penulis

Selama pandemi COVID-19, banyak hoax beredar di mana-mana. Untuk mengatasi hoax, Twitter merilis fitur baru bernama Label.

Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Setiap hari selalu ada jumlah orang yang positif COVID-19. Membuat sebagian orang merasa takut, frustasi dan bertanya-tanya kapan COVID-19 bakal berakhir.

Di sisi lain, ada beberapa orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi ini. Mereka malah menyebarkan berita sesat atau hoax ke internet dan media sosial.

Media sosial memang paling rentan berita hoax. Apalagi sekarang apa-apa bisa ditemukan di media sosial, Twitter salah satu contohnya.

Twitter paham kalau platform-nya selama ini dipakai untuk ajang penyebaran informasi sesat. Oleh karena itu, Twitter akhirnya merilis fitur Label.

Apa Fungsi Fitur Label di Twitter?

Twitter meluncurkan fitur terbaru ini pada tanggal 12 Mei 2020. Perilisan diumumkan langsung oleh Yoel Roth dan Nick Pickels, Kepala Integritas Situs dan Kebijakan Publik Twitter, dalam blog resmi Twitter.

Tujuan kami yakni mempermudah orang-orang menemukan informasi yang kredibel di Twitter. Kami juga membatasi konten yang berpotensi membahayakan atau menyesatkan orang-orang,” tulisnya di blog.