TikTok Hadirkan Layanan Langganan “TikTok LIVE” Buat Konten Kreator

Indri Penulis

TikTok tingkatkan persaingan dengan YouTube, Twitch dll, dengan menghadirkan layanan langganan “TikTok LIVE” khusus untuk konten kreator.

Persaingan antar platform streaming makin memanas. TikTok yang notabene media sosial dengan puluhan fitur yang ‘dicomot’ oleh platform lain, kini tak mau tinggal diam.

Untuk menghadapi rivalnya yang selama ini telah meniru fitur-fiturnya, TikTok akhirnya memutuskan untuk terjun dalam persaingan antar platform streaming.

Baru-baru ini lewat pengumuman resminya, TikTok bersiap untuk meluncurkan layanan langganan bernama “TikTok LIVE.” Layanan ini dibuat untuk lebih memberdayakan para konten kreator.

Apa Itu Layanan Langganan “TikTok LIVE?”

Jadi TikTok LIVE adalah program baru yang memungkinkan pembuat konten menghasilkan pendapatan berulang melalui pembayaran dari penggemar setia mereka. Mirip dengan penawaran dari ‘situs streaming saingan TikTok,’ layanan baru ini siap menawarkan berbagai fasilitas buat pelanggan seperti obrolan khusus pelanggan, emote khusus, lencana, dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, program ini mulai diluncurkan minggu ini, untuk sejumlah konten kreator terpilih / yang sebelumnya telah diundang oleh TikTok. Sedangkan versi globalnya akan rilis beberapa bulan mendatang.

@tiktoklive_creator

Welcome to LIVE subscription – connect with your community on a whole new level! #LIVESubs #TikTokLIVE

♬ original sound – TikTok LIVE Creator

Sementara itu kabar soal TikTok yang mengembangkan program berlangganan pertama kali dibeberkan oleh situs The Information pada Januari 2022. Tapi waktu itu belum diketahui seperti apa detil spesifikasi dari layanan tersebut.

Selama seminggu terakhir, TikTok sempat menggoda progam ini kepada penggunanya lewat saluran @TikTokLIVE_creator (channel khusus untuk berbagi pembaruan yang ditujukan buat komunitas konten kreator).

Di sisi lain dalam serangkaian video yang menampilkan konten kreator sebagai penguji versi beta pertama, ada beberapa hal unik nih.

Ternyata selain mendapat berbagai manfaat pelanggan seperti biasanya, pelanggan juga bisa mengontrol kamera pada live streaming si konten kreator. Selain itu, lencana pelanggan juga akan diperbarui seiring berjalannya waktu. Semakin lama pelanggan berlangganan, maka semakin tinggi pula level lencana yang mereka dapakan.

Lalu dari sisi konten kreator, jadi setelah mereka melakukan pengaturan pada TikTok LIVE, konten kreator akan memiliki opsi untuk mengubah aliran TikTok LIVE mereka menjadi mode ‘khusus pelanggan.’

Mode tersebut akan memberi pelanggan berbayar kemampuan untuk berkomentar, walaupun siapapun bisa menonton live streaming. Mode ini akan membuat konten kreator mengetahui siapa orang yang benar-benar jadi penggemar teratasnya.

Sementara itu, TikTok bukan satu-satunya media sosial yang menyediakan layanan berlangganan. Januari lalu, Instagram juga mulai menguji layanan yang serupa di AS. Twitter juga telah menguji langganan dengan platform Super Follows-nya, yang baru-baru ini menambahkan kemampuan bagi pembuatan konten untuk menyelanggarakan Space khusus untuk pelanggan Super Follows.

    %d blogger menyukai ini: