Mantapnya Laptop Gaming Dengan GPU NVIDIA GeForce RTX dan GTX

Anom Penulis

Kali ini kami memilih beberapa laptop keren yang memiliki GPU dari NVIDIA, baik platform RTX maupun GTX. Tentunya agar kamu yang hobi main game bisa mendapat performa dan pengalaman bermain lebih mulus.

NVIDIA bukanlah nama baru di dunia komputer. Nama tersebut sudah identik dengan kartu grafis (GPU) powerful yang kerap menemani komputer atau laptop high-end. Tentunya termasuk pula berbagai laptop gaming.

Tapi kenapa kartu grafis NVIDIA GeForce RTX dan GTX layak jadi pilihan?

GPU Canggih Mampu Tingkatkan Permainan

GPU (graphic processing unit) adalah komponen khusus yang mengolah gambar agar bisa tampil dengan baik di layar. Hal ini termasuk juga pemetaan bentuk dan tekstur obyek 3D dan mengolah video.

Selain itu, salah satu faktor yang sering disebut saat ini — terutama untuk laptop gaming — adalah dukungan FPS (frame per second tinggi. FPS menunjukkan kecepatan frekuensi tampilan di layar.

Semakin tinggi nilai FPS, semakin cepat pula proses update dari sebuah tindakan — gerakan dan klik di keyboard atau mouse — menampilkan aksi karakter di layar. Tampilan juga lebih halus dan lebih presisi. Itu sebabnya para gamer pro selalu mengatur perangkat mereka dengan frame rate tinggi.

NVIDIA menunjukkan hal ini melalui demo di game CS:GO.

Yang tidak kalah menarik, NVIDIA juga melakukan studi efek FPS tinggi pada perbandingan kill-to-death atau K/D (membunuh dibanding dibunuh) di game Fortnite dan PUBG. Mereka melakukannya dengan menggunakan berbagai perangkat GPU dengan seri GTX 600 sebagai yang terendah dan RTX 20xx sebagai tertinggi.

Hasilnya sangat menarik. Dengan tingkat latensi rendah (tampilan lebih cepat update), gambar lebih tajam, dan gerakan lebih halus, tingkat FPS tinggi memberikan kesempatan K/D lebih tinggi. Singkat kata, lebih mudah menang.

rasio K/D

NVIDIA RTX dan GTX

Saat ini generasi GPU NVIDIA RTX dan GTX terbaru dikembangkan dengan arsitektur Turing. Teknologi ini memberikan performa dan efisiensi kinerja, serta tampilan yang lebih halus dibandingkan generasi sebelumnya.

GPU NVIDIA RTX saat ini juga sudah memiliki RT Core yang mendukung real-time ray tracing dan AI. Kemampuan ray tracing-nya mencapai 6x lebih baik dari generasi sebelumnya. Selain itu, GPU ini juga mampu memproses AI sampai 100 teraflop.

Kalau kamu ingat, NVIDIA pernah bekerjasama dengan Epic Games dan Porsche untuk menunjukkan teknologi real-time ray tracing dalam membuat render mobil sport 911 Speedster.

konsep porsche 911 speedster
hasil render real-time tracing

Dalam hal ini, GPU NVIDIA GTX punya kemampuan di bawah RTX. Walau begitu, karena juga memiliki arsitektur Turing, performa dan efisiensinya juga baik. Begitupun untuk konsumsi dayanya.

Jadi, kalau kamu sering bermain game yang terhitung lebih tradisional, GPU NVIDIA GeForce GTX sangat memadai. Namun kalau kamu ingin pengalaman bermain yang maksimal, pilihan jatuh pada seri RTX.

Laptop dengan NVIDIA GeForce RTX dan GTX

Nah, lalu apa saja laptop gaming keren yang memakai GPU NVIDIA RTX dan GTX? Ada banyak. Tapi kami coba pilihkan beberapa yang menarik.

MSI GL65 Leopard 10SER

MSI GL65 Leopard adalah sebuah laptop gaming dengan layar 15,6 inci (sampai 144Hz) yang di tenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 (6GB GDDR6). Yang tidak kalah seru di samping performa dahsyatnya adalah adanya versi keyboard dengan backlit RGB yang bisa diatur per tombol.

MSI GS66 Stealth 10SGS

Seperti namanya, laptop MSI Stealth hadir dengan warna hitam yang garang. Kegarangan itu juga ditunjukkan oleh spesifikasinya, yaitu dengan prosesor Intel Core i9 gen.10 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER dengan Max-Q. Laptop ini juga memiliki sistem pendingin canggih Cooler Boost, Duo Wave Speaker Dynaudio, dan baterai berkapasitas besar.  Sama seperti Leopard, Stealth juga mendukung pengaturan warna RGB backlit di keyboard. Layar IPS 15,6 inci-nya mendukung refresh rate sampai 300Hz.

MSI GF63 Thin

Laptop MSI GF3 Thin juga tidak kalah menarik dibanding dua laptop sebelumnya. Laptop dengan layar 15,6 inci ini menggunakan prosesor Intel Core i7 gen. 10 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 (4GB GDDR5). Yang menarik, di samping performanya, laptop ini hanya memiliki berat 1,8kg dan punya bodi tipis hanya 21,7mm.

Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 sudah terkenal sebagai salah satu laptop gaming yang menarik. Lini ini memiliki beberapa varian laptop. Salah satunya adalah yang memakai prosesor Intel Core i5-9300H dan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650. Fitur menarik lain yang ada di laptop ini adalah 4 zona warna keyboard, sistem pendingin Acer CoolBoost, dan suara dahsyat DTS:X Ultra.

Acer Predator Triton 500

Acer Predator Triton 500 merupakan salah satu laptop gaming 15,6 inci (refresh rate 300Hz) yang dahsyat dengan bodi tipis. Dahsyat, karena memiliki paduan prosesor Intel Core i7 gen 10 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER dengan Max-Q. Laptop ini juga memiliki sistem pendingin terbaru dengan kipas Aeroblade. Tentu kamu juga bisa mengatur tombol dengan RGB backlit sesuai keinginanmu.

ASUS TUF Gaming A15 FX506IV-R7R6B6T

Laptop ASUS TUF Gaming A15 FA506IV-R7R6B6T ini menarik, karena menggunakan prosesor Ryzen 5 4600H dikombinasikan dengan NVIDIA GeForce RTX 2060. Layar IPS FHD yang dimilikinya memiliki bingkai tipis sehingga tampilan lebih lega. Apalagi layar ini juga mendukung refresh rate 144Hz.

Asus TUF Gaming A15 FX506II-R55TB6T


Laptop Asus TUF A15 FX506II-R55TB6T memberikan pilihan lain. Laptop ini juga memakai prosesor Ryzen 5 4600H. Namun, GPU yang menjadi pasangannya adalah NVIDIA GeForce GTX 1650Ti. Selebihnya spesifikasinya sama. Termasuk layar IPS FHD yang mendukung refresh rate 144Hz.

ASUS ROG Zephyrus S GX701

Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX701 ini cocok untuk kamu yang ingin main game dengan layar besar. Layar 17,3 inci-nya yang mendukung refresh rate sampai 300Hz dan response rate 3ms dijamin memberi kepuasan. Sedangkan di dalamnya, laptop ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-9750H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080. Kalau kamu mau bersabar, versi baru akan segera hadir dengan prosesor Intel Core i7 generasi 10 dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 Super.

    %d blogger menyukai ini: