Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Laptop NVIDIA GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti Untuk Gaming & Kuliah

Pada bulan Mei 2021, NVIDIA meluncurkan kartu grafis GeForce RTX 3050 dan 3050 Ti untuk laptop. Seperti kamu lihat di nama serinya, kedua kartu grafis itu jelas berada di bawah kakak-kakaknya yang lain. Jadi pertanyaannya, bisa apa sih laptop dengan kartu grafis itu?

Secara singkat, walau tidak sedahsyat kakak-kakaknya, fitur dan performanya masih di atas rata-rata. Bisa lah memenuhi semua kebutuhan sehari-hari. NVIDIA menyebutkan kalau performanya 4 kali lipat untuk game dan 2,5 kali lipat untuk edit video kalau dibanding kartu grafis GTX 10 Series.

popculture.id

Lalu kalau mempertimbangkan soal harga, pastinya akan lebih terjangkau bila kamu bandingkan dengan laptop yang pakai GeForce RTX 30 Series di atasnya. Mungkin laptop dengan RTX 3050 dan versi Ti-nya justru bisa jadi pilihan yang pas. A sweet spot!

Laptop NVIDIA GeForce RTX

Bawa Fitur Keren Arsitektur NVIDIA Ampere

GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti merupakan kartu grafis dengan arsitektur Ampere dari NVIDIA. Arsitektur yang sama dengan keluarga GeForce RTX 30 Series lain. Artinya, dengan harga relatif lebih terjangkau, beberapa fitur canggih dari arsitektur itu pun hadir di sini.

NVIDIA menyatakan kalau laptop GPU GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti mampu menjalankan game dengan ray tracing pada 60 fps lewat DLSS, seperti di Minecraft with RTX for Windows 10, Watch Dogs: Legion, Call of Duty: Black Ops Cold War, Lego Builder Journey, Rainbow Six Siege dan lain-lain. Pada beberapa game, tingkat frame rate bahkan bisa lebih baik dari yang berjalan secara bawaan.

DLSS kini juga hadir pada beberapa game besar, seperti LEGO Builders Journey yang baru saja dirilis, DOOM Eternal (29 Juni 2021), RUST (1 Juli 2021). Selain itu, beberapa game seperti Red Dead Redemption 2 dan The Ascent akan menyusul.

Tidak heran, karena plugin DLSS untuk para pengembang game tersedia untuk game engine pada umumnya, termasuk Unreal Engine (sudah tersedia untuk versi 4 dan versi 5 menyusul), juga Unity, Cryengine, Decima, Rage, dll.

Laptop NVIDIA GeForce RTX

Teknologi lain yang tidak kalah menarik adalah NVIDIA Reflex. Teknologi ini menyelaraskan proses kerja antara CPU dan GPU sehingga berjalan lebih efisien. Dengan begitu tidak ada “antrian proses data” dari saat kamu klik mouse /keyboard sampai aksi tampil di layar.

Intinya, mengurangi latensi dan lebih responsif. Sehingga laptop NVIDIA GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti cocok untuk main game kompetitif.

Lalu ada pula NVIDIA Broadcast, yang tidak hanya berguna jika kamu melakukan streaming, tapi juga untuk membuat panggilan dan konferensi video. Fitur asik yang dimiliki Broadcast adalah mengurangi gangguan suara, seperti ketikan keyboard atau obrolan di latar belakang, dan juga membuat kabur atau mengganti tampilan latar belakang.

Cocok untuk Anak Kuliah

NVIDIA juga menyebutkan kalau aplikasi pembelajaran science, technology, engineering and mathematics (STEM) mendapat dukungan akselerasi perangkat keras di laptop dengan GPU GeForce RTX. Termasuk laptop dengan GPU GeForce RTX 3050 dan RTX 3050 Ti.

Akselerasi dari GPU ini memungkinkan aplikasi melakukan simulasi, visualisasi, atau komputasi sampai 8x lebih cepat, pengolahan AI sampai 40x lebih cepat, juga melakukan pemrosesan data ilmiah dan ekonomi sampai 5x lebih cepat.

Dalam kondisi pembelajaran jarak jauh, dukungan ini memungkinkan mahasiswa melakukan riset dan menyelesaikan tugas kuliah dengan lebih baik. Tentunya sesuai dengan standar industri yang berlaku.

    %d blogger menyukai ini: