Saingi Apple, Samsung Akan Rilis Laptop Yang Pakai Chipset Exynos

laptop samsung galaxy book

Persaingan laptop yang memakai chipset berbasis ARM kelihatannya akan semakin memanas. Kabar terbaru menyebutkan kalau Samsung berencana merilis laptop yang memakai chipset Exynos buatan mereka.

Salah satu perkembangan teknologi yang menarik saat ini adalah kehadiran laptop dengan chipset prosesor berbasis ARM. Chipset ARM sendiri biasanya kita temukan di smartphone.

Microsoft merupakan salah satu yang menunjukkan visi itu dengan sistem operasi Windows 10 on ARM. Namun, seperti biasa, Apple-lah yang berhasil membuat seluruh dunia menengok ketika mereka mengumumkan peralihan dari prosesor Intel ke chipset Apple Silicon.

Di sisi lain juga beredar kalau Samsung juga berusaha meningkatkan kualitas chipset Exynos buatan mereka. Mereka juga sudah bekerjasama dengan AMD untuk mengadaptasi GPU berarsitektur RDNA.

Yang menarik, Korea Economic Daily (via Windows Central) mendapat bisikan kalau Samsung akan memakai chipset Exynos itu di laptop mereka.

Sumber itu menyebutkan kalau “Exynos baru akan menawarkan fungsi yang lebih baik, meliputi kemampuan komputasi dan efisiensi baterai, dengan menggunakan teknologi proses 5-nanometer. (Chipset) ini akan bagus dipakai untuk smartphone dan laptop”.

Sebelum ini, Samsung sendiri memang sudah punya laptop Galaxy Book yang memakai Windows on ARM. Chipset Exynos 2100 yang ada di ponsel lini Galaxy S21 sendiri juga sudah menggunakan teknologi proses 5nm.

Chipset Exynos baru yang memakai teknologi GPU AMD itu sendiri dirumorkan akan hadir di kuartal ke-3 tahun 2021. Walau begitu belum jelas bagaimana pembagiannya untuk smartphone dan laptop.

Jadi kita tunggu saja ya.

%d blogger menyukai ini: