Layanan Pembayaran Facebook Pay Hadir di Amerika

facebook pay

Pada tanggal 12 November 2019, Facebook mengumumkan layanan pembayaran yang bernama Facebook Pay. Layanan ini akan menjadi sarana pembayaran transaksi yang terjadi di Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Facebook menyatakan bahwa selama ini, para pengguna sudah sering melakukan transaksi, memberi donasi, atau mengirim dana di semua aplikasi milik Facebook. Sarana pembayaran baru ini akan mempermudah semua transaksi tersebut, sambil tetap menjaga keamanannya.

Fitur Facebook Pay

Dengan layanan ini, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Menambah cara pembayaran pilihanmu (top-up) dan selanjutnya memakai Facebook App untuk melakukan transaksi, daripada mengisi informasi pembayaran berulang kali.
  • Mengatur Facebook Pay terpisah untuk tiap aplikasi, atau memilih untuk memakainya di semua aplikasi sekaligus (apabila sudah tersedia). Facebook tidak akan mengatur cara pembayaran di tiap aplikasi kecuali kamu menentukannya.
  • Melihat riwayat transaksi, mengatur metode pembayaran, dan memperbarui setelan di satu tempat.
  • Mendapat dukungan secara langsung melalui fitur chatting.
  • Memahami dengan jelas layanan keuangan apa saja yang menjadi bagian dari Facebook.
Facebook Pay di aplikasi
Transaksi dalam aplikasi

Bagaimana Mengaturnya?

Kamu bisa menggunakan layanan ini di Facebook atau Messenger dengan beberapa langkah saja.

  • Buka Setting > Facebook Pay di aplikasi atau website.
  • Tambahkan metode pembayaran.
  • Gunakan layanan ini untuk melakukan transaksi.

Ketika nanti layanan ini tersedia untuk Instagram atau WhatsApp, kamu bisa mengaturnya di masing-masing aplikasi.

Facebook menyatakan kalau layanan pembayaran ini mendukung layanan kartu kredit umum, begitu juga PayPal. Pembayaran juga diproses bersama berbagai perusahaan keuangan seperti PayPal, Stripe, dan layanan sejenis di seluruh dunia. Facebook juga menyebutkan kalau layanan ini berbeda dengan Calibra Wallet yang bekerja di jaringan Libra (cryptocurrency).

Keamanan dan Perlindungan Pembayaran

Facebook mengatakan kalau layanan ini diamankan dengan enkripsi, termasuk informasi karti kredit dan rekening bank, juga dimonitor untuk mencegah aktivitas tanpa otorisasi, dan terdapat pemberitahuan untuk setiap aktivitas transaksi.

Selain itu, kamu juga bisa mengamankannya dengan menambah nomor PIN atau memanfaatkan otentikasi biometrik yang ada di perangkat. Facebook menyatakan kalau mereka tidak menyimpan data otentikasi tersebut.

Ketersediaan

Saat ini, layanan pembayaran Facebook Pay baru tersedia di Amerika. Layanan ini bisa dipakai untuk menggalang dana, pembelian di dalam game, tiket acara, pembayaran antar personal di Messenger, atau pembelian di Facebook Page atau bisnis tertentu yang ada di Facebook Marketplace.

Nantinya layanan ini akan tersedia di aplikasi lain, seperti di Instagram dan WhatsApp, juga di berbagai negara dan wilayah lain.

Nah, bagi kamu yang punya bisnis online β€” terutama yang menggunakan aplikasi dari Facebook β€” tentunya kabar ini cukup menarik. Apalagi nanti kalau sudah tersedia di Instagram Bisnis atau WhatsApp Bisnis. Kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai kapan dan bagaimana layanan ini akan tersedia di Indonesia.

%d blogger menyukai ini: