Layanan Streaming Game Netflix Selangkah Lebih Maju

Anom Penulis

Rencana Netflix untuk menghadirkan layanan streaming game berjalan setahap lebih maju. Mereka sudah merangkul eksekutif untuk memimpin divisi game yang akan datang.

Beberapa waktu lalu Netflix sudah memberi konfirmasi niat mereka terjun ke dunia game. Namun, saat itu belum begitu jelas bagaimana bentuk layanan Netflix tersebut. Sebelum ini Netflix sendiri sudah pernah membuat tayangan film interaktif seperti Bandersnatch.

Kini ada kabar dari Bloomberg yang memberi sedikit gambaran lebih jelas.

Laporan Bloomberg menyebutkan kalau Netflix merangkul Mike Verdu untuk duduk sebagai Vice President of Game Development. Ia akan berada di bawah Greg Peter yang bertindak sebagai Chief Operating Officer Netflix.

Mike Verdu sebelum ini pernah bekerja di Zynga, Electronic Arts, dan Facebook. Di Zynga, ia menjadi Chief Creative Officer. Di EA, Verdu ikut mengawasi pengembangan beberapa game populer, seperti The Sims, Plants vs Zombies, dan waralaba Star Wars. Di Facebook ia bertugas bekerja sama dengan para pengembang game untuk perangkat virtual reality Oculus.

Jadi kelihatannya Netflix mendapat orang yang tepat untuk memimpin layanan streaming game tersebut.

Netflix sendiri saat ini sudah memiliki berbagai tayangan berdasar game. Misalnya serial The Witcher, Castlevania, DOTA: Dragon’s Blood, dan Arcane.

serial game di netflix

Rencana Netflix terjun ke dunia game memang terhitung berani, walau masuk akal. Beberapa perusahaan besar memang memiliki layanan game di samping tontonan streaming. Lihat saja Apple dengan Apple TV dan Apple Arcade.

Video game pun merupakan salah satu industri paling besar di dunia. Di era pandemi, pendapatan industri game berhasil mengalahkan industri lainnya, seperti dunia hiburan (film, serial, musik, dll). Lalu, layanan streaming game yang berjalan berdasar teknologi cloud pun sudah bermunculan. Seperti Google Stadia, PlayStation Now, GeForce now, dan Amazon Luna.

Di sisi lain, belum ada informasi lebih jelas soal rencana ini. Apakah Netflix akan menyediakan layanan streaming game seperti Stadia, memproduksi game sendiri, atau membuka bursa game seperti Steam. Yang jelas, rencana itu layak kita pantau.

    %d blogger menyukai ini: