Netflix Sedang Membidik Industri Game Sebagai Bagian Layanan

netflix logo

Sebuah kabar menarik muncul di belantara internet. Raksasa streaming film dan serial, Netflix, disebut sedang membidik industri game sebagai langkah pengembangan layanan di masa depan.

Game saat ini menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia. Bahkan, ketika pandemi Covid-19 melanda, industri game berhasil mengalahkan pendapatan industri hiburan (film, serial, musik) dan olah raga (via MarketWatch).

Perkembangan teknologi sendiri mendorong industri game jadi lebih menarik. Berbagai game bisa kita dapat dengan lebih mudah (entah membeli dan mengunduh atau melalui streaming). Lalu koneksi internet yang lebih cepat memungkinkan para gamer bermain bersama, entah bekerja sama (co-op) atau berkompetisi (PvP).

Rumor Netflix Masuk Industri Game

Berdasar informasi yang didapat The Information, Netflix melakukan pendekatan pada beberapa veteran dari industri game untuk bergabung. Detil informasi soal posisi dan proyek terkait itu sendiri masih belum jelas.

Namun spekulasi menyebutkan kalau Netflix berencana menawarkan paket game pada para pelanggannya. Rumor menyebutkan penawaran ini akan seperti Apple Arcade.

Yang jelas, Netflix sendiri sudah tidak asing dengan dunia itu. Bahkan kalau kamu perhatikan, kini hiburan berbasis game semakin banyak di layanan streaming ini.

Kita bisa melihatnya dari berbagai serial di Netflix. Ada The Witcher yang menampilkan Henry Cavill sebagai Geralt of Rivia, dan ada beberapa serial animasi seperti Castlevania dan DOTA: Dragon’s Blood. Lalu ada pula serial animasi Arcane berdasar dunia League of Legends.

Selain itu, Netflix juga pernah membuat tayangan interaktif Black Mirror: Bandersnatch, yang seperti pilih ceritamu sendiri. Netflix pun pernah membuat game Stranger Things.

Tanggapan Netflix

Netflix sudah memberi tanggapan soal rumor ini. Mereka menyebutkan kalau antusias dengan “hiburan interaktif.”

Para anggota (pelanggan) menghargai variasi dan kualitas konten kami. Oleh sebab itulah kami terus mengembangkan penawaran kami — dari dokumenter, film, tayangan dan serial lokal. Pelanggan juga menikmati keterlibatan dengan tayangan yang mereka sukai — lewat tayangan interaktif seperti Bandersnatch dan You v. Wild, atau game berdasar Stranger Thing, La Casa de Papel, dan To All The Boys. Jadi kami sangat antusias membuat lebih banyak hiburan interaktif.

via Polygon

Jawaban itu memang cukup misterius. Belum jelas seperti apa hiburan interaktif yang dimaksudkan. Mungkinkah seperti Bandersnatch ataukah akan ada terobosan baru untuk hal itu?

Apapun rencana Netflix, hal ini masih dalam tahap awal dan masih bisa berubah. Toh, cukup menarik melihat jika nanti ada terobosan atau persilangan antara tontonan dan game secara lebih erat.

%d blogger menyukai ini: