Lenovo Merilis PC Lipat Pertama di Dunia, ThinkPad X1 Fold

Lenovo resmi merilis ThinkPad X1 Fold. Ini adalah PC lipat pertama di dunia yang diluncurkan Lenovo dalam gelaran CES 2020.

Awal tahun 2020, Lenovo menyusul perusahaan lain seperti HP dan Acer dalam merilis produk baru mereka. Lewat CES 2020, Lenovo resmi merilis PC lipat pertama di dunia.

PC lipat tersebut diberi nama ThinkPad X1 Fold. PC lipat ini berbentuk layar datar berukuran 13,3 inci. Lenovo menyatakan bahwa X1 Fold adalah perpaduan efisiensi laptop dan portabilitas smartphone.

Lenovo memang pencetus PC lipat pertama. Tapi mereka bukanlah pencipta teknologi layar lipat yang pertama. Sebab sebelumnya ada Samsung yang menghadirkan ponsel layar lipat, Samsung Galaxy Fold (yah, Lenovo juga sudah mengumumkan Motorola RAZR yang juga ponsel lipat).

Lalu apa saja keunggulan dari Lenovo ThinkPad X1 Fold? Dari pada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya.

Sumber Gambar : Endgadget

Tentang PC Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold

PC lipat ini dibuat dengan memadukan bahan serat karbon ringan dan penutup folio mewah. X1 Fold menawarkan daya tahan dan keandalan yang selama ini diharapkan pengguna ThinkPad.

Lenovo mengembangkan X1 Fold bersama Intel. PC lipat ini ditenagai Intel Core Processors dan Intel Hybrid Technology. Selain itu, PC lipat ini telah mendukung teknologi 5G.

PC ini akan menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun rencananya, Lenovo juga akan menghadirkan X1 Fold yang menggunakan Windows 10X suatu saat nanti.

Keunggulan ThinkPad X1 Fold

X1 Fold sangat cocok untuk orang yang tidak mau repot. Sebab PC lipat ini hanya memiliki layar OLED 13,3 inci dan berat kurang dari 1kg.

Layar OLED pada PC akan menampilkan warna cerah. Selain itu, PC ini dibekali Dolby Audio. Jadi suara yang dihasilkan saat memutar media akan sangat kencang.

X1 Fold bisa digunakan dalam beberapa mode. Pengguna bebas menggunakan PC lipat ini dalam mode potret, lansekap atau mode laptop.

Dalam mode lansekap, pengguna bisa melihat dan menjelaskan presentasi menggunakan Bluetooth Mini Fold Keyboard. Lalu saat ditutup, keyboard akan disimpan dan digunakan secara nirkabel oleh sistem.

Sumber Gambar : Slash Gear

Mode potret memungkinkan pengguna untuk membuat catatan atau menggambar dengan Active Pen. Pengguna juga bisa memakai X1 Fold layaknya sedang membaca buku.

Sumber Gambar : Slash Gear

Sementara mode laptop, pengguna bisa memanfaatkan dua tampilan sekaligus. Misal layar atas untuk melakukan video call, lalu layar bawah untuk mengedit presentasi.

Di sisi lain, PC lipat ini dibekali port USB Type-C untuk menyambungkan keyboard atau mouse. Selain itu, PC ini bisa ditempatkan ThinkPad X1 Fold Stand khusus saat mode potret atau lansekap.

Pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah kelancaran layar lipat di X1 Fold. Sebab Lenovo bekerja sama dengan LG Display untuk meneliti teknologi layar lipat selama bertahun-tahun.

Selain itu, PC lipat ini telah mengalami banyak uji kelayakan. Tidak hanya pada layar lipat, namun uji kelayakan juga dilakukan pada Active Pen dan bagian lainnya.

Harga dan Ketersediaan

ThinkPad X1 Fold with Windows 10 diperkirakan akan tersedia pertengahan 2020 dengan harga $2499 atau Rp 34,7 juta. Sementara versi Windows 10X masih menunggu beberapa waktu lagi.

ThinkPad X1 Fold Stand kemungkinan hadir kuartal kedua tahun 2020. Sampai kini, Lenovo belum mengungkapkan harga dari produk tersebut.

%d blogger menyukai ini: