Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Lenovo Tengah Kembangkan PC Lipat Pertama di Dunia

ini bukan laptop

Industri teknologi selalu mengalami perkembangan yang sangat cepat. Setelah beredar ponsel lipat, kini giliran Lenovo berinovasi dengan PC lipat.

Lenovo telah melakukan pengembangan PC lipat selama lebih dari 3 tahun. Rencananya PC lipat akan diluncurkan tahun 2020 sebagai bagian dari ThinkPad X1 premium.

Nantinya PC lipat besutan Lenovo akan menjadi produk premium. Itu artinya, PC lipat akan masuk ke kelas laptop, bukan aksesoris sekunder seperti tablet.

Hal yang melatarbelakangi Lenovo mengembangkan PC lipat adalah portabilitas. Secara konsep, ini adalah kebalikan dari mayoritas ponsel lipat tawarkan.

Sumber Gambar : The Verge

Vendor seperti Samsung dan Huawei hanya membuat ponsel biasa jadi lebih besar. Sedangkan ThinkPad justru membuat PC berukuran penuh jadi lebih kecil.

Hasilnya adalah layar OLED 13,3 inci 4:3 2K yang dilipat. Saat dilipat, ThinkPad akan menjadi seukuran buku hardcover dengan berat kurang dari 2 pound. Jadi berbeda dengan laptop.

Sekilas, ThinkPad lipat memang terlihat seperti laptop pada umumnya. Namun saat dilipat, ThinkPad lipat menjadi jauh lebih kecil dibanding laptop biasa.

Laptop 13 Inci Rasa Ponsel Lipat

Sumber Gambar : The Verge

Pada saat PC dibentangkan, maka ukurannya sama seperti laptop 13 inci. Namun ketika sudah dilipat, ukuran menjadi jauh lebih kecil dibanding laptop.

Meski saat dilipat berukuran kecil, namun PC lipat Lenovo tetap tidak sekecil ponsel. Tapi jika kalian menggunakan tas, maka PC lipat ini dapat menghemat banyak ruang.

PC lipat Lenovo masih dalam bentuk prototipe. Hal ini membuat PC lipat tersebut masih memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan pada PC lipat ditandai dengan mekanisme pelipatan yang kurang kuat. Selain itu, bagian layar masih memiliki sudut pandang yang sangat buruk.

Ketika dilihat dari sudut, maka akan terjadi perubahan warna signifikan. Hal ini tentu menjadi masalah untuk layar lipat.

Dalam urusan penggunaan, PC lipat Lenovo bisa digunakan seperti tablet besar. Pengguna juga bisa gunakan PC lipat seperti saat membaca buku.

Hal Menarik Masih Jadi Misteri

Sumber Gambar : The Verge

Mungkin yang paling menarik di ThinkPad lipat adalah, perangkat ini bisa digunakan seperti laptop biasa. Bagian bawah PC digunakan untuk papan ketik, dan bagian atas sebagai layar.

Di sisi kanan layar (bagian bawah saat digunakan dalam mode laptop) terdapat baterai. Hal ini membuat ThinkPad lipat tetap berat dan tidak mudah jatuh.

Mengenai spesifikasi ThinkPad lipat hingga kini masih menjadi tanda tanya. Sebab Lenovo memilih bungkam tentang detail produk.

Tapi secara umum ThinkPad lipat menggunakan OS Windows dan CPU Intel. Untuk spesifikasi RAM, baterai dan lainnya masih dirahasiakan Lenovo.

Foldable Tech yang Masih Harus Diuji

Sumber Gambar : The Verge

Teknologi lipat (foldable tech) memang masih mengalami beberapa kendala. Hal ini juga terjadi pada Samsung Galaxy Fold, hingga menyebabkan ponsel itu ditarik dari pasar.

Lenovo tidak ingin kejadian serupa terjadi pada ThinkPad lipat. Oleh karena itu, perusahaan masih mengkaji ulang terutama pada engsel PC.

Sampai saat ini tidak banyak hal diutarakan oleh Lenovo. Nama, harga dan tanggal rilis masih menjadi misteri.

More Stories
Aplikasi Musik Windows Phone Gratis