Samsung Menunjukkan Galaxy Fold Berbentuk Clamshell

samsung galaxy fold clamshell

Berbagai rumor menyebutkan kalau Samsung sedang mengembangkan ponsel lipat dalam bentuk clamshell. Samsung kini sudah menjawabnya dengan menunjukkan konsep Galaxy Fold dalam bentuk clamshell tersebut.

Ketika perusahaan smartphone asal Cina sibuk dengan inovasi di bidang mobile photography, Samsung memilih mengejar inovasi di bentuk ponsel itu sendiri. Hal ini terbukti dengan keberanian Samsung merilis ponsel Galaxy Fold.

Galaxy Fold sendiri tidak langsung sukses. Smartphone ini mengalami masalah di bagian layar. Namun setelah melalui perbaikan, Samsung berhasil menunjukkan kalau konsep ponsel lipat memang diminati (walau harganya mahal).

Galaxy Fold memiliki konstruksi lipat yang membuka ke samping (kanan-kiri). Ini berbeda dengan konsep terbaru Samsung dengan model clamshell atau flip yang membuka ke atas-bawah. Model clamshell dulu sudah terkenal dipakai oleh berbagai merk ponsel.

Teaser Galaxy Fold Clamshell

Samsung menunjukkan konsep ponsel lipat dalam bentuk flip ini di acara Samsung Developer Conference (SDC19) pada tanggal 29 Oktober 2019. Pada konsep itu, terlihat perbedaan konsep dengan Galaxy Fold.

Alih-alih dari bentuk ponsel biasa menjadi tablet, konsep ini menunjukkan bentuk terlipat yang membuka dan menjadi smartphone dengan touchscreen biasa. Tentunya, ketika dalam posisi terlipat, ponsel ini akan lebih ringkas dibawa (dan kelihatannya lebih aman untuk layar).

XDA Developers menyebutkan kalau ponsel ini memiliki nomor model SM-F700F. Rumor menyebutkan kalau ponsel ini mungkin memiliki penyimpanan  256GB. Selain itu, ada pula bocoran poster dari provider telekomunikasi di Cina yang menunjukkan siluet ponsel lipat dan disebut sebagai “Samsung W20 5G”.

bocoran poster samsung w20 5g

Walau ponsel lipat tidak benar-benar menjadi tren di tahun 2019 ini, kita mungkin akan melihat lebih banyak ponsel lipat di tahun 2020 mendatang. Termasuk ponsel lipat dalam bentuk flip. Untuk konsep clamshell, ada juga Motorola yang mengembangkan smartphone RAZR terbaru.

Kalau layar ponsel lipat sudah bekerja dengan baik dan ponsel lipat sudah tersedia secara umum (dengan harga terjangkau tentunya), apakah kamu berminat dengan Samsung Galaxy Fold berbentuk clamshell ini?