Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Rekomendasi Laptop ThinkPad Terbaik Untuk Bisnis & Programmer

Memilih Laptop Powerful untuk Kebutuhan Bisnis dan Programmer, Laptop Lenovo ThinkPad Adalah Solusinya!

5 Rekomendasi Laptop ThinkPad Terbaik Untuk Bisnis & Programmer - Lenovo ThinkPad X1 Yoga
5 Rekomendasi Laptop ThinkPad Terbaik Untuk Bisnis & Programmer - Lenovo ThinkPad X1 Yoga
Febri Penulis

Beberapa tahun lalu, laptop identik dengan pekerja profesional. Di awal kemunculannya, laptop bisnis memiliki banyak variasi. Namun saat ini, kita sudah bisa melihat kategori laptop lain, seperti laptop gaming. 

Tetapi, bukan berarti keberadaan laptop untuk penunjang produktivitas semakin sedikit. Manufaktur-manufaktur laptop tetap membuat kategori bisnis untuk lini mereka.

  • Rekomendasi Cepat
    Dari daftar 5 rekomendasi laptop ThinkPad terbaik untuk bisnis dan programmer yang saya sarankan, saya paling suka sama laptop Lenovo ThinkPad Carbon X1. Desain dan spesifikasi yang ditawarkan cukup menarik untuk laptop serba bisa dengan harga yang sama di kelasnya.

Daftar Rekomendasi Laptop ThinkPad Terbaik

Jika saat ini kalian sedang memutuskan untuk membeli laptopThinkPad bisnis ataupun laptop ThinkPad Programmer baru, di artikel ini saya akan memilihkan 5 laptop profesional buatan ThinkPad. Kenapa ThinkPad?

Selain terkenal sebagai laptop tahan banting, seri ThinkPad terbaru juga sudah memperhatikan kebutuhan para digital nomad.

Ini lah daftar 5 laptop bisnis dan programmer terbaik dari ThinkPad pilihan saya, silakan disimak satu per satu dengan teliti ya.

1. Lenovo ThinkPad T450s

Kelebihan: Memiliki keyboard terbaik, nyaman untuk mengetik, daya tahan baterai mengesankan (dengan baterai tambahan), desain solid, audio bagus dan keras.

Kekurangan: Tingkat kecerahan layar di bawah rata-rata laptop di kelasnya.

Kesimpulan: Dengan layar yang tajam, desain yang tak lekang oleh jaman, daya tahan baterai mengesankan dan keyboard terbaik, ThinkPad T450s merupakan laptop bisnis yang bisa diandalkan buat kalian yang sering bekerja dari luar kantor.

5 Rekomendasi Laptop ThinkPad Terbaik Untuk Bisnis & Programmer - laptop bisnis Lenovo ThinkPad T450s
Lenovo ThinkPad T450s

2. Lenovo ThinkPad Yoga 12

Kelebihan: Material dengan kualitas tinggi ala ThinkPad, desain menawan, ringan, bisa diputar 360 derajat (memiliki 4 mode, notebook, stand, tent dan tablet), keyboard nyaman, layar sentuh, trackpoint, touchpad.

Baca Juga:  6 Alasan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) Jadi Pilihan Paten

Kekurangan: Perlu mempelajari tampilan dan posisi tombol agar bisa mengetik lebih cepat, daya tahan baterai baik, namun tidak sebaik varian sebelumnya.

Kesimpulan: Untuk yang suka desain solid, tipis dan membutuhkan layar sentuh pada laptop bisnis mereka, ThinkPad Yoga 12 bisa menjadi pilihan. Beratnya yang hanya 1.6 kg juga memudahkan saat kita membawanya saat bepergian.

lenovo thinkpad yoga 12
lenovo thinkpad yoga 12

3. Lenovo ThinkPad W550s

Kelebihan: kualitas material istimewa, case kokoh, ramping, kualitas keyboard istimewa, desain menawan dan sudah dilengkapi layar sentuh 3K!

Kekurangan: Prosesor kurang gahar dan kartu grafis kurang mantap.

Kesimpulan: Jika kalian hanya mementingkan fungsi sebagai laptop bisnis dan tidak membutuhkan fungsi hiburan, ThinkPad W550s mungkin cocok sebagai laptop kalian selanjutnya.

Lenovo ThinkPad W550s
Lenovo ThinkPad W550s

4. Lenovo ThinkPad Carbon X1

Kelebihan: Keybord dan touchpad nyaman, desain cantik, ringan, tipis, suara keras, daya tahan baterai tahan lama, layar sentuh WQHD+ dan sudah menggunakan prosesor Intel terbaru.

Kekurangan: Mahal, butuh dongle untuk ethernet, tidak ada slot kartu memori.

Kesimpulan: Generasi terbaru dari ThinkPad X1 Carbon Touch merupakan ultrabook super dengan desain ciamik dan daya tahan baterai luar biasa. Jika harga bukan masalah, laptop bisnis ini layak dipertimbangkan.

Lenovo ThinkPad Carbon X1
Lenovo ThinkPad Carbon X1

5. Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Kelebihan: Mendukung Wacom AES, desain 2-in-1 yang ciamik, kualitas keyboard luar biasa, fleksibel, stylus pen responsif dan daya tahan baterai luar biasa.

Kekurangan: Mahal, kecepatan SSD di bawah dari laptop dengan prosesor i5 lainnya, jika digunakan pada mode tablet layar terlalu besar.

Kesimpulan: Lenovo ThinkPad X1 Yoga adalah ultrabook 2-in-1 yang bisa digunakan bekerja seharian tanpa kabel charger dan lebih cocok buat kalian yang suka membuat sketsa digital.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga
Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Tips Memilih Laptop ThinkPad Terbaik Versi Kamu

  • Pastikan kamu membeli laptop dengan kapasitas keuangan kamu, jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli sesuatu harus yang paling bagus.
  • Sortir kebutuhan kamu hingga mendapatkan 3 poin paling utama kebutuhan kamu tentang laptop, dengan begitu kamu akan tahu butuhnya laptop seperti apa. Misal cari performa kencang banget buat nge- game, rendering video, jalanin aplikasi kerja dan sebagainya.
  • Jangan beli keluaran terbaru jika budget tipis, lebih baik beli keluaran lama tapi bisa dapat spesifikasi yang lebih baik.
  • Selalu check tahun terbit dan versi spesifikasi utama laptop supaya kamu tahu kalau laptop yang kamu beli ini sudah ketinggalan jaman atau tidak.
Baca Juga:  Review Macbook Pro 13 M1 2020: Jatuh Cinta Lagi?

What’s Next: Mana Laptop ThinkPad Pilihan Kamu?

itu lah daftar-daftar rekomendasi laptop ThinkPad terbaik yang bisa saya sarankan untuk kamu, baik itu laptop untuk bisnis ataupun laptop ThinkPad untuk programmer.

Dari kelima saran yang saya tulis di atas, kamu lebih suka laptop ThinkPad yang versi mana? Jika kamu punya salah satu dari kelima laptop ThinkPad yang saya rekomendasikan di atas, kamu akan pilih yang mana nih?

Kalau saya sudah jelas, saya suka laptop Lenovo ThinkPad Carbon X1 karena memiliki desain yang keren dan juga spesifikasinya cukup tinggi, jadi worth it untuk dibeli.

Selain dari kelima rekomendasi di atas, Lenovo juga mengeluarkan varian laptop baru Lenovo ThinkPad Lainnya dan juga versi Lenovo ThinkPad X1 Fold, sebuah laptop yang bisa dilipat-lipat layarnya.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.