Light House: Game Puzzle Bagus untuk Mengasah Otak dan Ketepatan Aksi

game puzzle light house

Light House boleh disebut sebuah game puzzle bagus dan unik. Dalam bermain game ini, kita tidak cuma dituntut memecahkan masalah, tapi juga harus melakukan aksi dengan tepat.

Saya memang cukup jarang main game puzzle. Dari sekian banyak game asah otak semacam ini, hanya beberapa yang pernah saya mainkan. Hitman GO, Atomas, dan Evo Explorer (sejenis Monument Valley) adalah beberapa yang pernah hadir di handphone saya.

Seperti biasa, yang menarik perhatian saya adalah desain game Light House yang menarik. Ketika saya coba, permainan ini lebih dari perkiraan saya. Ternyata Light House adalah game puzzle bagus untuk mengisi waktu luang sambil mengasah otak.


Baca juga: Bumpy Riders: Game Lucu Tapi Susah


Gameplay Light House

Tugas utama di permainan ini adalah mengirim cahaya ke mercusuar dari sumber yang tersedia. Pengiriman itu dilakukan dengan menata kaca, yang memantulkan cahaya, dan melewati halangan yang ada di jalur (terdiri dari ubin-ubin).

game puzzle bagus untuk mengasah otak

Permasalahannya tidak sekedar halangan di tengah jalan saja. Jumlah cahaya yang terbatas mengharuskan kita berpikir taktis. Menyusun urutan langkah yang tepat menjadi tantangan utamanya.

Halangan itu sendiri bisa terdiri dari beberapa macam. Baik ubin yang bergerak, gerbang yang harus dibuka (dan bisa menutup lagi), dll. Halangan ini menuntut ketepatan waktu ketika mengirim cahaya. Tentu saja, dengan demikian menambah tantangan sehubungan jumlah cahaya yang terbatas.

Kontrol game Light House

Kontrol di game ini sangat sederhana. Untuk mengirim cahaya, yang perlu kita lakukan adalah menjentikan jari (flick) atau tap di sumber. Cahaya akan bergerak maju ke arah mercu suar. Harap diingat, cahaya tidak bisa bergerak mundur atau ke arah sebelumnya.

Kita juga bisa menekan agak lama sumber cahaya untuk mengirim dengan jumlah agak banyak. Tapi terus terang, mengukur jumlahnya cukup sulit.

game asah otak light house

Menata kaca untuk memantulkan cahaya dilakukan dengan drag and drop. Tekan kaca yang ingin dipindah, geser, dan lepaskan untuk meletakkannya. Sedangkan untuk memutarnya, cukup tap kaca tersebut.

Dalam beberapa puzzle, kita harus bolak balik menggeser dan memutar kaca untuk bisa mengirim cahaya dengan tepat. Sekali lagi, kecepatan dan ketepatan dituntut di game ini.

Pengalaman Bermain

Apakah game ini memang menantang? Saya pikir begitu. Di level-level awal, puzzle yang ada cukup mudah diselesaikan. Ya karena sekaligus tutorial. Jadi tidak rumit.

Namun makin lama — seperti game lainnya — tingkat kesulitan bertambah. Terutama ketika harus sedikit multi-tasking. Misalnya memindah kaca, sambil menyesuaikan ubin yang bergerak.

Untuk penggemar game puzzle, Light House akan menjadi game yang menarik. Namun sayangnya, saat ini jumlah paket puzzle yang tersedia belum terlalu banyak. Jadi kalau kamu jagoan, permainan bisa cepat berakhir.

Hm, mungkin tidak secepat itu sih. Tapi tidak selama yang diperkirakan.


Baca juga: 12 Game Mobile Paling Populer dan Berpengaruh


Menurut saya, Light House merupakan salah satu game puzzle bagus dengan gameplay cerdas. Apalagi game ini tidak hanya sekedar mengasah otak saja. Koordinasi kecepatan dan ketepatan juga dibutuhkan. Yah, lumayan bikin gregetan.

Game puzzle Light House bisa diunduh untuk Android dan Windows (baik PC maupun Mobile). Sejauh ini saya belum menemukan versi iOS. Kalau ada yang menemukan, silakan beritahu kami. Nah, silakan unduh game ini dan nikmati tantangannya.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS

Ada komentar?