Lilium: Pesawat Jet Listrik sebagai Transportasi Masa Depan

pesawat jet listrik pertama di dunia lilium

Pesawat Jet Lilium merupakan pesawat jet listrik VTOL (Vertical Take-Off and Landing) pertama di dunia. Pesawat ini baru saja sukses menjalankan beberapa tes terbang. Membawa kita lebih dekat ke masa depan. Tepatnya melihat transportasi masa depan.

Lilium dibuat untuk menjadi semacam taksi masa depan. Mengantar penumpang terbang dari satu tempat ke tempat lain berdasar permintaan, kapan pun di mana pun. Untuk itu, tentu saja, layanan Lilium dilengkapi dengan aplikasi di ponsel.


Baca juga: Sedric: Konsep Mobil Pintar VW


Sistem terbang dan mendarat secara vertikal membuat Lilium lebih hemat tempat. Apalagi dengan bentang sayap hanya sepanjang 10 m. Pesawat ini tidak membutuhkan wilayah luas untuk beroperasi. Sehingga nantinya, seperti helikopter, bisa terbang dan mendarat dari atap gedung.

Sedangkan tenaga listrik yang digunakan Lilium menjadi solusi untuk masalah polusi. Baik polusi udara maupun polusi suara. Jadi jelas bersahabat dengan lingkungan.

Lilium Jet Terbang (konsep)

Saat ini Lilium memang masih berupa prototipe. Namun pesawat ini (dalam ukuran sebenarnya) sudah membuktikan kemampuan sistem VTOL yang dimilikinya. Nantinya, pesawat listrik ini bisa menjangkau radius terbang sejauh 300 km, dengan kecepatan jelajah 300 km/jam.

Untuk memenuhi kebutuhan terbang tersebut, Lilium dilengkapi dengan 36 mesin jet listrik. Pesawat ini nantinya bisa mengangkut 5 penumpang. Lilium merencanakan uji coba terbang dengan penumpang pada tahun 2019, dan pada tahun 2025 sudah bisa dipesan sebagai sarana transportasi.

Melihat teknologi yang ada di Lilium, mungkin kita tiba-tiba tersadar kalau masa depan seperti di film-film sudah lebih dekat menjadi kenyataan. Rentang waktu 10 tahun, di dunia teknologi, bukanlah waktu yang lama. Kita sudah melihatnya di telpon genggam.

Setelah komunikasi, transportasi merupakan salah satu masalah yang harus dipecahkan kemudian. Baik dari segi jumlah kendaraan dan jumlah pengguna, bahan bakar, polusi, dan masih banyak lagi. Terobosan pesawat jet listrik seperti Lilium ini memberikan gambaran (salah satu) solusi transportasi masa depan.


Baca juga: Drone Star Wars? Bagai Mimpi Jadi Nyata


Di masa mendatang, di samping ada pangkalan ojek dan pangkalan taksi, mungkin kita akan melihat ada pangkalan taksi terbang dengan pesawat jet listrik parkir berjejer (seperti gambar di atas). Pergi keluar kota tidak perlu ke bandara. Cukup pesan lewat handphone dan pergi ke pangkalan terdekat.

“Say, kita jadi makan malam ya. Aku udah pesan Lilium buat jemput kamu jam 7 nanti. Dandan yang cantik lho. Muah.” ????

%d blogger menyukai ini: