Manfaatkan Android Untuk Menangkal Kemacetan di Libur Lebaran

Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di jalur keluar tol Jagorawi menuju kawasan Puncak Bogor di Ciawi, Bogor, Jabar, Rabu (1/1). Macet total di jalur tol sepanjang 3 km tersebut sebagai imbas dari penutupan jalur menuju puncak selama lebih dari 5 jam untuk memberi kesempatan pada pengendara dari arah puncak menuju Jakarta yang merayakan malam pergantian tahun. ANTARA FOTO/Jafkhairi/pd/13

Momen Idul Fitri atau lebaran memang yang paling ditunggu banyak orang setiap tahunnya. Sayang sekali momen liburan plus kumpul bareng keluarga ini sering terganggu karena kemacetan di jalan. Nah, kali ini kami akan bagi-bagi tips untuk kalian. Yaitu tips mengatasi kemacetan selama libur lebaran dengan menggunakan smartphone Android. Penasaran?

Smartphone Android yang kalian punya sebenarnya mempunyai segudang manfaat lho. Salah satunya untuk bisa membantu mengatasi kemacetan di jalan. Nah berikut ini ada 5 tips menangkal kemacetan libur lebaran menggunakan smartphone Android. Simak ya guys.

Jalan Pintas Dengan Bantuan Google Maps

Sumber gambar: E-Volucion

Tips pertama yang bisa kalian untuk memanfaatkan Android jika macet adalah menemukan rute alternatif. Cari saja rute alternatif yang relatif lebih sepi atau berpotensi lebih kecil macet. Kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps atau Waze. Terlebih untuk kalian yang menggunakan sepeda motor, maka kalian nanti bisa menemukan sebuah jalan pintas baru dengan rute khusus motor yang sudah ada dalam Google Maps. Sangat membantu bukan?

Menggunakan Smart Traffic Controller

Sumber gambar: Blognya Putra Yusya

Salah satu aplikasi yang sengaja dikembangkan untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan seputar kemacetan yang ada di Indonesia. Aplikasi ini akan bekerja sesuai dengan algoritma khusus yang bisa mempelajari seperti apa pola kemacetan di Indonesia. Kemudian dia akan mengelola kemacetan tersebut.

Selain itu aplikasi ini akan bekerja dengan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan berlebih atau apa saja yang bisa memicu terjadinya kemacetan. Proses ini dilakukan oleh sebuah algoritma bernama Algoritma Smart Traffic Controller.

Mengenai rute jalan yang akan dibentuk aplikasi ini adalah sebuah rute yang paling bebas dari kemacetan. Pengguna aplikasi bisa saling berbagi informasi terkait kondisi jalanan yang terjadi saat ini. Misalnya jika ada kemacetan maupun penutupan jalan guys.

Dan setiap laporan yang nanti diberikan akan langsung dievaluasi otomatis oleh sistem. Kemudian akan dijadikan sebagai bahan proses learning sistem nantinya. Selain itu, sistem ini juga akan bisa mempelajari berbagai pola kemacetan yang ada dengan memantau pergerakan dari penggunanya secara real time. Jadi kalian nanti juga bisa mengamati seperti apa kemacetan yang terjadi di sekitar dengan menggunakan fitur statistik kemacetan.

Bawa Saja Wisata ke Dalam Rumah

Sumber gambar: Youtube

Nah tips satu ini paling cocok buat kalian yang lagi malas keluar rumah karena macet dimana-mana. Untuk menghindari hiruk-pikuk kemacetan, atau jalanan yang ramai karena memang masih nuansa lebaran ya. Kalian bisa kok membawa segala sesuatu yang biasanya perlu dijangkau keluar rumah, jadi bisa dinikmati di rumah.

Mengingat sekarang kan sudah ada banyak aplikasi Android yang bisa kalian manfaatkan. Memungkinkan apa saja bisa kalian nikmati di dalam rumah. Misalnya jika kalian ingin makan di restoran tapi malas karena macet, bisa kok pesan lewat aplikasi. Dan nanti makanan sampai rumah. Nah kalau kalian ingin nonton film atau melihat pertunjukan seni khas lebaran. Bisa juga kan melihatnya lewat Youtube atau aplikasi streaming serupa lainnya. Terus kalau kalian ingin pergi ke pusat message, bisa juga memesannya ke rumah menggunakan aplikasi smartphone. Praktis dan mudah bukan?

Menggunakan JasaMargaLive

Sumber gambar: GridOto

Aplikasi ini dibuat oleh Jasa Marga yang bisa membantu kalian nanti untuk mengetahui kondisi di beberapa jalur tol. Dengan menggunakan JasaMargaLive ini, jadi kalian bisa mendapatkan informasi berupa teks atau bahkan video CCTV di saat itu juga. Nah dengan begitu, kalian nanti bisa mengetahui mana saja sih titik kemacetan di jalan tol. Lalu, kalian bisa memilih jalur alternatif. Sangat membantu bukan?

Lupakan Mobil, Pakai Ojek Online Aja

Sumber gambar: Pesan Karikatur Murah

Buat kalian yang waktu lebaran sudah tiba di lokasi mudik. Dan saat ingin mengunjungi tempat-tempat wisata sekitar kampung halaman. Sebaiknya hindari menggunakan mobil pribadi jika yang mau pergi hanya kalian aja.

Beda cerita kalau yang mau berangkat berwisata itu satu keluarga. Misalnya kalau kalian sendiri yang ingin wisata, bisa coba ojek online supaya nanti tidak kehabisan waktu hanya karena kemacetan dimana-mana.

Nah itu tadi 5 tips mengatasi kemacetan hanya dengan menggunakan smartphone Android selama lebaran. Tanpa harus mengalami kemacetan, liburan kalian kali ini bisa jadi lebih seru dan bermanfaat guys. Kami harap kalian tidak sampai telat merasakan momen satu kali dalam setahun ini karena terhalang macet.

%d blogger menyukai ini: