Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Manga Buatan AI akan Debut, Siap Ancam Mangaka Sejati!

manga buatan ai
Gambar Oleh: Twitter/Rootport
Indri Penulis

Mangaka sungguhan terancam, manga buatan AI sebentar lagi akan debut! Penasaran gimana bentuknya? Cek dalam ulasan berikut ini.

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata manga? Wah, pasti suatu karya estetik yang dibuat dengan jerih payah besar, penuh ketelitian, dan pastinya memakan waktu lama kan?

Yap, memang nggak salah. Tapi itu berlaku untuk manga buatan manusia. Kamu pernah bayangin nggak, kalau misalnya manga dibuat menggunakan teknologi AI?

Serius lho, sebentar lagi manga buatan AI akan debut. Kamu pasti penasaran gimana desain dan juga jalan cerita yang disuguhkan kan? Kalau gitu, kamu bisa langsung simak ulasan ini.

Manga Buatan AI akan Segera Debut

Baru-baru ini salah satu mangaka asal Jepang, Rootport memposting beberapa gambar di akun Twitter-nya (via Comic Book). Gambar tersebut memperlihatkan manga yang ia buat bersama Shinchosha dengan teknologi AI.

manga buatan ai
Gambar Oleh: Tangkapan Layar Twitter/Rootport

Dalam pembuatannya, Rootport menggunakan perangkat lunak AI untuk membuat manga sci-fi dari awal. Nah semua proses pengeditan sampai perakitan manga dilakukan menggunakan AI.

Tapi khusus untuk alur ceritnya, Rootport tidak akan menyerahkan tugas ini ke AI. Sebagai gantinya, ia bakal reimagine legenda Jepang kuno, Momotaro.

Jadi jalan ceritanya nanti bakal dimulai dari pasangan lansia. Suatu ketika mereka menemukan anak laki-laki misterius di luar klub tari telanjang yang ada di Neo Okayama.

Berniat ingin menolong, tapi pasangan lansia itu justru dibikin kaget. Soalnya anak laki-laki tersebut ternyata memiliki data berharga. Nah di sini Momotaro atau Peach John bakal ditugaskan untuk melindungi data tersebut dari pihak musuh.

Lalu kapan manga ini akan terbit? Dengar-dengar, Comic Bunch bakal menerbitkan manga eksperimental ini pada tanggal 9 Maret 2023.

Baca Juga:  Pesaing ChatGPT DeepMind Google AI Siap Rilis, Lebih Matang dan Handal!

Nanti saat sudah rilis full, Rootport berjanji akan membagikan informasi di balik layar, soal bagaimana ia menggunakan AI untuk membuat manga. Jadi yah kita tunggu aja.

Di sisi lain, karya seni AI selama ini memang kerap memicu kontroversi. Bukan tanpa alasan, soalnya AI bisa bikin karya seni dalam hitungan detik. Ini jelas beda dengan karya seni bikinan seniman asli, yang bahkan pembuatannya mungkin bisa memakan waktu sampai bertahun-tahun.

Namun nggak bisa dipungkiri, hadirnya manga buatan AI juga patut diapresiasi. Soalnya dengan begitu, teknologi AI yang ada saat ini sudah semakin cerdas.

Selain itu, nggak menutup kemungkinan kalau teknologi AI bisa membantu mangaka dalam mempercepat terbitnya chapter / volume baru.

Gimana menurutmu? Kamu lebih suka manga buatan orang sungguhan, atau kamu lebih suka manga buatan AI karena prosesnya lebih cepat selesai?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]