Awas, Ada Masalah Performa Pada Windows 11 di Prosesor AMD Ryzen

stiker amd ryzen di laptop

Update Windows 11 sudah mulai bergulir. Tapi kalau kamu memakai komputer (desktop/laptop) dengan prosesor AMD Ryzen, nampaknya kamu harus menunda update Windows 11 itu. Karena ada masalah performa.

Microsoft sudah rilis Windows 11 untuk publik. Pembaruan sistem operasi terbaru ini akan hadir secara bertahap. Namun Microsoft juga menyediakan cara untuk download Windows 11 jika kamu ingin install sendiri.

Sayangnya, jika kamu memakai desktop atau laptop dengan prosesor AMD Ryzen, kamu lebih baik tetap bersabar. Jangan terburu-buru download dan install sendiri.

Ada masalah performa yang muncul pada instalasi Windows 11 untuk komputer berbasis AMD Rysen. AMD sendiri sudah melaporkan masalah ini di situs resmi mereka.

Masalah yang muncul adalah tingkat latensi pada L3 cache meningkat sampai 3 kali lipat. Ini mengakibatkan penurunan performa sekitar 3-5% pada aplikasi dan 10-15% pada “game yang biasanya dipakai untuk eSport”.

Selain itu masalah juga akan muncul pada aplikasi yang sensitif dengan pemakaian threads di prosesor. Masalah performa ini akan lebih terasa pada prosesor dengan jumlah core >8 dan TDP (thermal design power) di atas65W.

AMD juga menyebutkan kalau pihak mereka dan Microsoft akan memperbaiki masalah ini. Perbaikan untuk masalah performa Windows 11 di prosesor AMD Ryzen akan hadir melalui update software. Update itu diperkirakan akan meluncur pada bulan Oktober 2021 ini.

Dengan begitu, jika kamu memakai komputer Ryzen dan sudah mendapat update, mungkin kamu perlu menundanya. Begitu juga kalau kamu punya niat untuk melakuka update sendiri.

Toh, mengingat update Windows 11 berjalan secara bertahap dan perbaikan juga akan hadir di bulan Oktober ini, semoga saja kamu menerima update itu sudah bersama perbaikannya. Yah, jadi memang bersabar sedikit akan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: