Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Berbagai Media Sosial Blokir Akun Donald Trump dan Pendukungnya

Anom Penulis

Menyusul insiden kerusuhan di Capitol Hill, berbagai media sosial blokir akun Donald Trump beserta para pendukungnya, termasuk Twitter, Facebook, Reddit, dan Discord.

Presiden Donald Trump yang rewel dengan hasil pemilu Amerika 2020 menghasilkan pil pahit. Para pendukungnya merangsek ke Capitol Hill dan bentrok dengan kepolisian seiring Kongres memproses validasi kemenangan kandidat Joe Biden. Dalam insiden ini terdapat korban tewas minimal 5 orang.

popculture.id

Sang Presiden sendiri memang gemar eksis di media sosial. Namun sikapnya yang kontroversial selalu membuat hubungannya dengan berbagai media sosial tegang. Ia pernah mengancam akan membungkam media sosial ketika kirimannya dihapus.

Media Sosial Blokir Trump

Berbagai media sosial pun bereaksi dengan melakukan blokir pada para pendukung Trump, termasuk akun calon mantan presiden Amerika ini. Trump dan para pendukungnya dianggap menyulut dan menyebarkan aksi kekerasan.

Twitter

Awalnya, Twitter hanya melakukan blokir selama 12 jam. Kemudian, sebanyak lebih dari 300 karyawan Twitter pun menuntut blokir permanen. Pada akhirnya, setelah menyelidiki lebih jauh, Twitter pun melakukan blokir pada akun @realDonaldTrump secara permanen.

twitter blokir trump
gambar: Twitter

Facebook

Melalui blog resmi, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa media sosial ini memblokir Presiden Donald Trump “tanpa batas waktu”, minimal 2 minggu sampai transisi kepemimpinan di Amerika selesai.

mark zuckerberg blokir trump
gambar: Facebook

Reddit

Situs Reddit memblokir subreddit (forum) pendukung Trump r/donaldtrump. Tadinya forum ini menampilkan tautan ke situs trumpmarch.com (sekarang dihapus) yang menampilkan gambar Trump dengan kata-kata: “POTUS wants you in D.C. on 1/06/21.” Sebelum ini, Reddit juga sudah memblokir forum r/The_Donald.

gambar: Reddit

Discord

Aplikasi chatting yang populer di kalangan gamer ini menutup server The Donald. Anggota server ini masih berhubungan dengan subreddit The_Donald dan situs TheDonald.win. Seperti di dmedia sosial lainnya, di server ini para pendukung Trump pun hobi menyulut kekerasan.

gambar: Casey Newton | Twitter

    %d blogger menyukai ini: