Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di Microsoft Word

gambar di microsoft word
Anom Penulis

Ketika kamu baru menggunakan aplikasi Microsoft Word, salah satu pertanyaan yang muncul mungkin adalah bagaimana cara memasukkan gambar dan mengatur sesuai keinginanmu. Di sini kami akan membahas cara melakukannya yang paling dasar.

Pada dasarnya, fungsi gambar di dalam sebuah dokumen adalah memberikan informasi tambahan pada si pembaca. Misalnya gambar logo di kop (header) bisa memberi informasi identitas. Sedangkan gambar di dalam ketikan bisa memberi keterangan visual dari teks yang ada.

Nggak jarang lho orang butuh tampilan visual untuk memahami informasi. Terutama kalau berhubungan dengan tutorial. Seperti artikel ini. Karena memang bisa menunjukkan sesuatu dengan lebih tepat.

Perhatikan: Di sini saya menggunakan Microsoft Word untuk Mac. Jadi mungkin ada sedikit perbedaan dengan Microsoft Word di Windows.

Lalu bagaimana cara menambah gambar di Microsoft Word dan mengatur posisi supaya enak dilihat?

Cara Memasukkan Gambar di MS Word

  1. Letakkan kursor di tempat kamu mau menambahkan gambar.
  2. Di menu, klik ‘Insert
  3. Lalu klik tombol/ikon gambar (Pictures),
  4. Klik pilihan ‘Picture from File Explorer‘.
  5. Pilih gambar dari komputermu dan klik ‘Insert‘.
cara menambah gambar di microsoft word

Mengatur Ukuran & Posisi Gambar di MS Word

Ketika gambar sudah masuk di dalam dokumen, MS Word biasanya secara otomatis memunculkan tab ‘Picture Format’. Melalui peralatan yang ada di ribbon di bawah tab ‘Picture Format’ ini, kamu bisa mengatur gambar di MS Word.

Mengatur Ukuran Gambar

Cara paling mudah mengubah ukuran gambar di MS Word adalah dengan menggeser titik sudut gambar itu.

  1. Klik gambar.
  2. Klik dan geser salah satu sudut gambar sampai kamu mendapat ukuran yang pas.
    • Kamu juga bisa menekan tombol di bagia atas tengah untuk memutar gambar.
ubah ukuran gambar ms word-manual

Cara lain untuk mengubah besar gambar di MS Word adalah dengan mengisi ukuran pada kolom isian di ribbon. Perubahan ukuran itu bisa kamu atur apakah tetap sesuai proporsi atau tidak.

Selain itu, di sini kamu juga bisa memotong (crop) gambar. Kamu bisa memotong sesuai bentuk atau sesuai proporsi (rasio) gambar.

Mengatur Posisi Gambar

Secara umum, orang memang lebih banyak meletakkan gambar di antara paragraf (supaya lebih jelas dan mudah diatur). Tapi kamu juga bisa mengaturnya berdampingan atau di tengah ketikan.

Perhatikan: Sebelumnya, lebih baik kamu kecilkan gambar itu dulu sesuai ukuran yang pas.

Cara mengatur posisi gambar di MS Word:

  1. Klik gambar untuk mengaktifkan seleksi.
  2. Pada tab ‘Picture Format’ di ribbon, klik ‘Position‘.
  3. Pilih posisi gambar dari menu sesuai yang kamu inginkan.
mengatur posisi gambar di ms word

Kemudian, kamu juga bisa mengatur jarak dan posisi relatif terhadap teks (bagaimana teks “membungkus gambar”). Misalnya apakah jarak antara gambar dan teks itu sempit atau luas, atau apakah gambar berada di bawah teks atau di atas teks.

Cara mengatur posisi gambar dengan teks:

  1. Klik gambar untuk mengaktifkan seleksi.
  2. Pada tab ‘Picture Format’ di ribbon, klik ‘Wrap Text‘.
  3. Klik salah satu pilihan sesuai keinginanmu.

Kadang, pengaturan dari ‘Position’ dan ‘Wrap Text’ bisa memiliki kondisi yang sama, sehingga kamu mungkin tidak melihat perubahannya. Kamu perlu mencoba sendiri agar bisa memahami pengaturan ini.

Oya, pada dasarnya, kamu juga bisa mengatur posisi dengan menggeser gambar (klik, tahan, dan geser). Sehingga kamu bisa menentukan posisi gambar yang pas sesuai isi teks yang bersangkutan.

Nah, itulah cara paling dasar untuk memasukkan, mengubah ukuran, dan mengubah posisi gambar di Microsoft Word. Silakan pelajari dan coba langkah di atas, sebelum kamu menerapkan tata letak yang lebih canggih.


Tutorial MS Word lain:


    %d blogger menyukai ini: