Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Pertama di Sejarah K-POP! Girlband AESPA Bakal Punya Member Virtual

Indri Penulis

Girlband K-POP yang sebentar lagi akan debut, AESPA bakal punya member virtual. Inovasi ini belum pernah ada di industri K-POP lho.

Perkembangan teknologi saat ini melaju dengan sangat cepat. Saking canggihnya, kecanggihan teknologi pun sampai dipakai dalam berbagai industri, salah satunya industri hiburan di Korea Selatan alias K-POP.

popculture.id

Baru-baru ini, salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment mengumumkan akan mendebutkan girlband baru bernama AESPA.

Girlband ini bakal debut dengan konsep yang super unik dan ‘canggih.’ Karena selain memiliki member dari ‘manusia asli,’ girlband ini juga bakal punya member virtual.

Penampakan Member Virtual Girlband AESPA

Girlband ini pertama kali diumumkan pada 25 Oktober 2020 lewat akun Instagram @aespa_official. Grup ini benar-benar berbeda dengan girlband lain, bahkan termasuk BLACKPINK sekalipun.

Kenapa? Karena grup ini punya konsep menggabungkan ‘dunia nyata dan dunia virtual.’ Hingga artikel ini ditulis, sudah ada dua member yang telah diumumkan yakni Winter dan Karina.

Jadi nantinya, grup ini bakal menggabungkan member nyata seperti Winter dan Karina, dengan member dari dunia virtual. Agar lebih jelas, kalian bisa tonton video ini. Di bawah ini adalah video yang ditayangkan saat Lee Soo Man (pendiri SM Entertainment) berpidato di YouTube (28/10/2020).

Video di atas adalah pengenalan soal konsep AESPA secara lengkap. Nah di video tersebut, terlihat member Karina dan versi virtualnya ‘ae-Karina.’

Ae-Karina dibuat semirip mungkin dengan Karina asli. Bahkan member virtual ini juga bakal punya jadwal promosinya sendiri, akun media sosial, sampai jadwal konser virtual seperti member asli.

Kalau dilihat-lihat, ae-Karina terlihat mirip dengan selebgram Lil Miquela ya. Lil Miquela juga memiliki akun media sosialnya sendiri, bisa berinteraksi dengan manusia asli, dan bisa melakukan aktivitas lain seperti selebgram sungguhan.

Karina dan ae-Karina Live Streaming Bareng

“Di dalam AESPA, ada anggota dunia nyata dan anggota virtual. Anggota nyata dan virtual tidak meminta satu sama lain untuk melakukan sesuatu yang spesifik. Tapi mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi karena (anggota virtual) memiliki otak AI,” jelas Soo Man.

ae-Karina dan Karina

Lalu bagaimana member asli dan virtual berkomunikasi? Karina dan ae-Karina dihubungkan oleh aplikasi Synk. Nah lewat aplikasi ini, mereka bisa berkomunikasi intens bahkan dapat live streaming bareng lho. Keren banget kan?

Oya, yang memiliki member virtual bukan cuma Karina. Semua member AESPA nantinya juga bakal memiliki kembaran virtual kok. Hanya saja, jumlah fix dari member girlband ini belum diketahui. Namun jika dilihat dari video di atas, sepertinya AESPA bakal punya 4 member.

Member ‘Nyata’ AESPA

Proyek Pertama dari SMCU

Lee Soo Man dalam pidatonya mengatakan jika SM Entertainment telah membuat proyek bernama SMCU. Ini adalah singkatan dari ‘SM Culture Universe.’

Nah dalam proyek ini, SME akan menghadirkan inovasi-inovasi baru yang tentunya lebih canggih ke dunia hiburan. Dan.. AESPA adalah proyek pertama dari SMCU.

AESPA Proyek Pertama SMCU

Buat kalian yang belum tahu, SME memang agensi hiburan di Korea Selatan yang paling canggih. SME ini bahkan selalu jadi trendsetter agensi-agensi lain soal kecanggihan teknologinya.

Soo Man sendiri merupakan seorang penggila teknologi. Makanya Soo Man mati-matian ingin menggabungkan hiburan dan kecanggihan teknologi.

Sementara itu, girlband AESPA rencananya akan debut di bulan November. Namun sampai sekarang, belum diketahui kapan tanggal pasti mereka akan debut.

Hm, saya jadi penasaran. Kira-kira bakal seperti apa member-member virtual AESPA dalam promosi ya?

    %d blogger menyukai ini: