Cara Membuka Website Tanpa Koneksi Internet di Android

buka website tanpa internet

Google sudah memperkenalkan fitur membuka website tanpa internet di Android. Fitur tersebut hadir melalui browser Chrome, dan bisa dilakukan dalam beberapa cara. Kami akan membahasnya.

Rasanya saya tidak perlu lagi membahas fungsi atau keuntungan fitur ini. Sudah jelas. Membuka website tanpa internet akan memudahkan kamu membaca berita atau blog kapan pun kamu inginkan.


BACA: Toby: Bukan Sekedar Ekstensi Speed Dial Chrome Biasa


Akses offline website

Pada dasarnya, fitur membuka website tanpa internet ini adalah fitur baca nanti (read later). Berarti sama saja dengan aplikasi bookmark atau sejenisnya? Oh, tidak juga. Google menerapkan fitur ini sedikit berbeda.

Google memberikan beberapa cara menyimpan website untuk dibaca offline. Hebatnya, kita tidak perlu mengunjungi website yang bersangkutan terlebih dahulu.


BACA: 5 Aplikasi Bookmark Manager Terbaik


Menyimpan halaman website

Cara pertama untuk bisa membuka website tanpa internet adalah menyimpan halaman website tersebut. Hal ini bisa dilakukan dari kategori ‘Articles for you’ atau ‘Artikel yang disarankan’ di bagian bawah bookmark Chrome untuk Android. Cara berikutnya adalah dari hasil pencarian di Chrome. Lalu ada juga pilihan ketika kita sedang offline.

Dari daftar saran artikel di Chrome
  • Buka browser Chrome
  • Geser halaman awal ke bawah sampai bagian ‘Articles for you’
  • Pilih salah satu artikel
  • Tekan lama tautan tersebut sampai keluar context menu / dropdown menu
  • Tekan Download link.
Dari hasil pencarian di Chrome
  • Buka browser Chrome
  • Lakukan pencarian
  • Pilih salah satu hasil perncarian
  • Tekan lama tautan tersebut sampai keluar context menu / dropdown menu
  • Tekan Download link.
Ketika offline

Ketika kamu membuka website tanpa internet, Chrome akan menampilkan halaman offline atau halaman dinosaurus Chrome. Di bagian bawah keterangan, ada tombol ‘Download halaman nanti’. Tekan tombol tersebut.

Saat kamu kembali online, Chrome secara otomatis akan menyimpan halaman website tersebut.

Melihat halaman website yang disimpan

Kita bisa menemukan halaman website yang sudah kita simpan setelah bagian bookmark dan di atas ‘Artikel yang disarankan’. Selain itu kamu juga bisa mengaksesnya lewat halaman Download di browser Chrome.

membuka website tanpa internet

Saat kamu membuka salah satu halaman website yang kamu simpan tanpa koneksi internet, kamu akan melihat tanda ‘Offline’ di bagian alamat website Chrome.


BACA: Tampilan dan Fitur Keren Browser Opera Terbaru


Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya saat mencoba menyimpan halaman website dan membukanya tanpa koneksi internet.

Pertama, entah mengapa, gambar dari halaman website yang disimpan tidak muncul. Hal ini berbeda dari contoh di blog resmi Google.

Kedua, Ketika menyimpan dari hasil pencarian, yang muncul di daftar bukan judul dari artkel yang bersangkutan. Namun alamat URL website tersebut. Mungkin tidak penting, tapi rasanya tidak konsisten.

Bagaimanapun, fitur ini bisa membantu kamu mengumpulkan artikel atau berita menarik dari internet. Kemudian kamu bisa membacanya tanpa koneksi internet. Yah, siapa tahu kamu sedang fakir koneksi.

%d blogger menyukai ini: