Tampilan dan Fitur Keren Browser Opera Terbaru

browser opera terbaru

Browser Opera terbaru, yaitu Opera versi 45, dirilis ke publik. Di versi terbaru ini, Opera tidak hanya memiliki tampilan baru, tapi juga memberikan fitur baru: aplikasi chatting di browser.

Beberapa waktu lalu kita menikmati sebuah browser eksperimental dari Opera yang diberi nama Opera Neon. Browser ini mencoba melihat cara penggunaan baru browser masa kini. Beberapa hasil eksperimen tersebut kemudian dibawa ke Opera versi terbaru ini.


Baca juga: Opera Neon, Sebuah Browser Baru yang Unik


Tampilan Antar Muka Opera yang Baru

Opera yang diberi kode nama Reborn ini memiliki tampilan antar muka yang dirancang ulang. Baik dari segi estetika maupun fungsi. Saya akui, tampilan baru Opera ini keren.

Opera sekarang tersedia dalam dua warna tema: Terang dan gelap. Opera juga menambah koleksi wallpaper atau background dengan gambar-gambar baru. Kedua hal ini bisa diatur dari tombol “Customize Start Page” di halaman speed dial, atau dari pengaturan browser.

Opera baru dengan tema terang gelap

Kemudian, sekarang Opera memiliki sidebar yang lebih bersahabat; dengan ikon dan animasi baru. Kita bisa mengatur ukuran sidebar, mau yang lebar atau yang sempit.

Fitur Chat di Browser Opera

Sudah memperhatikan sidebar baru Opera kan? Mungkin kamu melihat ada ikon Messenger dan WhatsApp di sana. Ya, sekarang kita bisa langsung ngobrol dengan teman langsung di browser.

Opera baru menanamkan aplikasi web Messenger, WhatsApp, dan Telegram di sidebar-nya. Aplikasi chatting itu bisa digunakan dengan dua cara. Pop-up dari sidebar alias di atas halaman web, atau pin di samping tampilan halaman web (berjejer).

aplikasi Messengers di browser opera

Dengan demikian kita tidak perlu repot berpindah dari aplikasi chatting ke browser, atau berpindah antar tab di browser, kalau mau membahas sesuatu dengan teman sambil browsing.

Pengaturan aplikasi chatting ini bisa dilakukan melalui tombol “Customize Start Page“. Kalau kamu mengaktifkan lebih dari satu aplikasi chatting, kamu bisa berpindah antar aplikasi dengan shortcut CTRL + SHIFT + m (Windows dan Linux) dan COMMAND + SHIFT + m (macOS).


Baca juga: Menggunakan WhatsApp di Komputer Lewat Browser


Selain perubahan tampilan dan penambahan fitur chatting, Opera juga menyebutkan bahwa versi terbaru browser ini lebih efisien mengolah video. Hal ini memungkinan performa yang lebih baik untuk video dengan framerate dan resolusi tinggi, dan mengurangi beban baterai.

Opera juga menambahkan peringatan untuk halaman non-HTTPS. Ketika kita akan memasukkan password atau nomor kartu kredit di halaman web tanpa HTTPS, akan muncul peringatan.

Nah, untuk yang berminat mencoba, silakan unduh browser Opera terbaru ini melalui tautan di bawah.

%d blogger menyukai ini: