Cara Mencegah Aplikasi Agar Tidak Melacak Data Kamu di iOS 14.5

iOS 14.5 punya fitur baru App Tracking Transparency. Begini cara mencegah aplikasi agar tidak melacak data di iOS 14.5 pakai fitur tersebut.

Update iOS 14.5 resmi meluncur dengan berbagai pembaruan dan fitur menarik. Salah satu fitur baru yang cukup menarik sekaligus sempat menimbulkan kontroversi adalah App Tracking Transparency.

Lewat fitur ini, aplikasi tak lagi diizinkan untuk mengakses IDFA atau pengiklan di iPhone, iPad serta Apple TV tanpa izin tertulis dari pengguna. Dengan begitu, data aplikasi akan menjadi lebih pribadi. Pengembang aplikasi pun tak bisa memakai data pengguna untuk kebutuhan iklan.

Buat yang belum tahu cara pakai fitur App Tracking Transparency di iOS 14.5 untuk mencegah aplikasi melacak data, kamu bisa lakukan cara di bawah ini.

Cara Mencegah Aplikasi Melacak Data di iOS 14.5

Ketika sebuah aplikasi ingin menggunakan IDFA-mu, kamu akan melihat notifikasi yang bertuliskan “Allow “App” to track your activity across other companies’ apps and websites?

Sumber Gambar : Macrumors

Saat permintaan tersebut muncul, kamu bisa pilih “Ask App Not to Track” untuk memblokir semua akses ke pengenal iklan (advertising identifier), atau “Allow” untuk mengizinkan aplikasi untuk mengakses informasi (yang tujuannya untuk pelacakan data).

Kalau kamu enggan melihat notifikasi tersebut dan ingin memblokir akses ke IDFA secara keseluruhan, ada pengaturan Privacy yang memungkinkanmu melakukannya. Ikuti saja langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi “Settings.”
  • Gulir ke bawah dan ketuk menu “Privacy.”
Sumber Gambar : Macrumors
  • Selanjutnya ketuk opsi “Tracking.”
  • Nonaktifkan “Allow Apps to Request to Track.”

Untuk cara yang keempat, itu tergantung dengan pengaturan privasi kamu sebelumnya. Kalau dalam contoh di atas, sakelar secara default hidup sehingga perlu dimatikan. Namun di ponsel milik orang lain, mungkin sakelar tersebut memang sudah dalam posisi mati. Jadi tidak perlu dinonaktifkan lagi.

Setelah sakelar “Allow Apps to Request to Track” dimatikan, kamu tidak akan lagi melihat notifikasi yang berisi permintaan pelacakan dari aplikasi. Bukan cuma itu saja, aplikasi juga tidak akan bisa mengakses IDFA-mu.

Sumber Gambar : Macrumors

Pengembang aplikasi sekarang ‘wajib’ mematuhi kebijakan privasi Apple. Jadi kalau kamu tidak mematikan sakelar di atas, kamu akan terus melihat notifikasi dari beberapa aplikasi yang ingin melakukan pelacakan padamu.

Jika karena alasan tertentu kamu ingin mengaktifkan pelacakan untuk aplikasi tertentu, tapi fitur ‘tolak pelacakan otomatis’ tetap dihidupkan, kamu hanya perlu menghapus aplikasi tersebut dan mengunduhnya ulang.

Agar lebih memahami soal cara kerja fitur App Tracking Transparency, kamu bisa nonton video yang dibagikan Apple di atas. Di sana telah dijelaskan soal fitur ini, lengkap dengan cara kerjanya.

%d blogger menyukai ini: