Mengenal Beberapa Istilah Jual Beli Online

melakukan jual beli online
foto: Bruce Mars | Unsplash

Di era ketika gaya hidup digital sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, melakukan jual beli secara online pun sudah wajar dilakukan. Namun mungkin masih ada yang belum memahami istilah-istilah yang kerap hadir dalam transaksi online itu.

Tentu saja, istilah-istilah ini sebenarnya merupakan istilah dari bidang ekonomi. Walau kami bukan ahli di bidang itu, kami berusaha mengumpulkan beberapa istilah jual beli online yang sering terdengar.

Kalau kamu tahu definisi yang lebih tepat, jangan ragu memberi koreksi. Bertukar ilmu itu baik adanya.

Belanja online

Apa itu E-commerce?

E-commerce berasal dari kata electronic commerce, yang memiliki arti perdagangan elektronik. E-commerce merupakan proses penyebaran dan jual beli barang atau jasa melalui sistem elektronik. Misalnya melalui internet.

Apa itu Toko Online?

Toko online adalah toko virtual, tempat konsumen membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet dengan menggunakan browser atau aplikasi.

Istilah toko online sebenarnya merupakan generalisasi. Sebenarnya, ada beberapa bentuk berbeda untuk toko online. Misalnya model iklan baris dan retail.

Model iklan baris memiliki karakteristik pembeli dan penjual melakukan komunikasi langsung untuk melakukan transaksi. AirBnB atau penjualan melalui Instagram merupakan contohnya. Sedangkan model retail mengharuskan proses transaksi berjalan melalui sistem yang ada di penyedia layanan. Pada umumnya toko online seperti Lazada termasuk model retail.

Apa itu Reseller?

Reseller adalah pihak (bisa individu atau perusahaan) yang membeli barang untuk dijual kembali (bukan dipakai sendiri). Sebenarnya hampir semua toko atau warung bisa disebut reseller. Karena mereka menjual barang yang bukan mereka produksi sendiri.

Apa itu Pre-order?

Pre-order merupakan istilah untuk pemesanan barang sebelum barang tersebut tersedia untuk publik. Konsep ini berkembang karena orang-orang kesulitan mendapatkan barang di toko karena popularitasnya yang tinggi.

Sistem pre-order ini menjamin konsumen mendapatkan barang yang meeka inginkan dengan memesan terlebih dahulu. Di sisi lain, pedagang juga bisa mengukur popularitas barang yang bersangkutan dan menyesuaikan jumlah produksi.

Biasanya, harga produk pre-order berbeda dengan penjualan biasa. Selain itu, kadang penjual juga menawarkan bonus khusus untuk mereka yang memesan terlebih dulu.

promo cashback
Promo cashback (foto: David Yohanes / Pexels)

Apa itu Cashback?

Arti harfiah cashback adalah uang kembali. Konsep ini merupakan bentuk promosi selain diskon. Pembeli akan mendapatkan uang yang meraka bayarkan kembali dalam jumlah tertentu ketika melakukan transaksi.

Apa itu Ongkir?

Ongkir adalah singkatan dari ongkos kirim. Ongkir merupakan biaya pengiriman barang melalui layanan kurir. Biaya ini bukan termasuk harga barang dan bisa berbeda berdasarkan layanan kurir dan lokasi pengiriman barang.
Biasanya penjual bisa bekerja sama dengan layanan kurir untuk membebaskan biaya kirim (gratis ongkir) untuk kondisi tertentu.

Apa itu Pembayaran Online?

Pembayaran online tentu saja adalah pembayaran atas jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik dan melalui internet. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui bank (internet/mobile banking), kartu kredit, atau dompet digital (e-Wallet).

Apa itu e-Wallet?

e-Wallet atau dompet digital adalah layanan atau aplikasi yang membantu kita melakukan pembayaran online. Biasanya kita akan menyetor uang (top up) dalam jumlah tertentu untuk disimpan di sana. Nantinya, dana yang kita miliki itu bisa kita pakai untuk melakukan pembayaran, selama penjual mendukung layanan yang bersangkutan. Contoh e-Wallet adalah OVO, GoPay, PayTren, Dana, dll.

More Stories
undangan asus back to 5
ASUS ZenFone 5 & Live L1 Segera Hadir di Indonesia