ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

5 Cara Mengetik Tanda Pangkat di iPhone dengan Mudah

cara mengetik tanda pangkat di iphone
sumber gambar: Unsplash/Maxim Ilyahov

Apa kamu penasaran dengan cara mengetik tanda pangkat di iPhone, termasuk simbol khusus seperti plus minus, pecahan, dll? Tenang, ada trik tersendiri untuk itu. Kamu akan mengetahuinya di sini.

Jujur saja, dibanding Android, keyboard iPhone cukup terbatas. Walau secara umum memiliki fungsi yang baik, namun beberapa simbol perlu diketik secara khusus tidak seperti di Android.

Bahkan, mengetik dengan keyboard lain seperti SwiftKey yang dahsyat di Android pun tetap terbatas. Ya, bahkan SwiftKey untuk iPhone pun ditutup oleh Microsoft.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Kenapa Perlu Mengetik Karakter Khusus di iPhone?

cara mengetik tanda pangkat di iPhone dengan mudah
sumber gambar: Unsplash/Paul Hanaoka

Karakter khusus jelas dibutuhkan ketika kamu seorang pelajar atau memiliki profesi khusus. Yang paling mudah tentu saja untuk mengetik rumus matematika.

Jika kamu menggunakan laptop, caranya akan lebih mudah. Paling tidak, layarnya lebih besar sehingga bisa memanfaatkan jendela aplikasi lain.

Tapi ada kalanya kamu butuh mencatat dengan cepat atau tidak sengaja membawa laptop, sehingga mungkin kamu harus mengetiknya melalui iPhone.

Maka dari itu, kamu perlu tahu cara mengetik tanda pangkat di iPhone beserta karakter khusus lainnya. Jika belum tahu caranya, sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Masalah Mengetik Karakter Khusus

Masalah Mengetik Karakter Khusus
sumber gambar: Urbandigital

Pada pilihan keyboard tertentu, seperti memakai Bahasa Inggris (US), memang ada pilihan karakter khusus, misalnya À, é, dll. Cara memunculkannya sama dengan di keyboard Mac, yaitu dengan menekan lama tombol bersangkutan.

Namun, karakter khusus ini tidak muncul di setiap bahasa. Ya, paling tidak di Bahasa Indonesia belum tersedia. Lalu, tidak semua karakter khusus tersedia di keyboard iPhone.

Tantangan sebenarnya adalah ketika kamu mau mengetik tanda pangkat (AÂČ), pecahan (⅓), tanda akar (√2), atau simbol seperti ‘tidak sama dengan’ (≠) atau ‘plus minus’ (±) di keyboard iPhone ini.

Jajaran karakter khusus atau simbol ilmiah itu tidak tersedia di keyboard iPhone. Jadi mungkin kalau kamu mau menulis rumus matematika di iPhone (kalau kepepet) ya mungkin agak susah.

Tapi bukannya tidak mungkin. Hal ini tetap bisa kita lakukan dengan memakai keyboard bawaan iPhone.

Cara Mengetik Tanda Pangkat di iPhone

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

Ada cara mengetik tanda pangkat di iPhone, tapi terus terang caranya cukup repot. Toh kalau kamu memang butuh ya kenapa tidak.

Triknya adalah dengan menggunakan fitur ‘Penggantian Teks’ (Text Replacement). Pada dasarnya kamu membuat pintasan (shortcut) untuk simbol bersangkutan. Ya, kamu harus membuat pintasan satu persatu untuk setiap simbol yang ingin kamu ketik. Repot kan?

Cara Menggunakan ‘Penggantian Teks’

1 Cara Menggunakan 'Penggantian Teks'
sumber gambar: Urbandigital

1.Buka Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Penggantian Teks

2. Tekan tanda + di pojok kanan atas.

3. Masukkan simbol di bagian Frasa:

  • Cari simbol khusus yang ingin kamu ketik di Google
  • Salin (copy) simbol itu
  • Pasang (paste) di isian Frasa

4. Tentukan pintasan dengan kombinasi ketikan tombol tertentu (misalnya untuk ÂČ kamu mengetik ^2).

2 Cara Menggunakan 'Penggantian Teks'
sumber gambar: Urbandigital

4. Tekan tombol Simpan di pojok kanan atas.

3 Cara Menggunakan 'Penggantian Teks'
sumber gambar: Urbandigital

Seperti yang sudah saya sebutkan, kamu harus mengisi pintasan satu per satu untuk setiap simbol yang kamu butuhkan. Sekali lagi, memang repot.

Tapi, kalau kamu sudah mengisinya, kamu bisa memakai pintasan itu untuk mengetik simbol matematika atau karakter khusus yang tidak ada di keyboard sebelumnya. Kamu pun bisa membuat persamaan matematika atau apapun yang ingin kamu tulis di iPhone.

4 Cara Menggunakan 'Penggantian Teks'
sumber gambar: Urbandigital

Cara Lain Mengetik Tanda Pangkat di iPhone

Bagaimana dengan cara mengetik tanda pangkat di iPhone selain cara di atas? Mudah, tapi kamu harus memakai aplikasi keyboard tambahan. Ada beberapa aplikasi keyboard yang bisa kamu pilih di App Store, yaitu:

1. UniChar

cara mengetik tanda pangkat keyboard iPhone - UniChar
sumber gambar: Apple Store

UniChar adalah aplikasi dan keyboard karakter yang memudahkan pengguna untuk mengetiksimbol khusus. Aplikasi ini menawarkan ribuan simbol yang terorganisir rapi dalam kategori dan tabel Unicode lengkap.

Tak hanya itu, UniChar juga membantu untuk menemukan karakter dan informasi dengan mengetik nama, titik kode, dan entitas HTML. Selain itu, UniChar memiliki keyboard kustom untuk mengetik simbol khusus di dalam aplikasi apapun, dan bisa menampilkan widget untuk akses cepat ke karakter yang sering digunakan.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

Menariknya, aplikasi ini mendukung fitur Handoff, Spotlight Search, Drag and Drop, serta memiliki fitur Split View, Slide Over, dan Multiple Windows. Tertarik? Donwload UniChar sekarang!

2. SciKey

SciKey
sumber gambar: Apple Store

Sama seperti aplikasi sebelumnya, di SciKey ini menawarkan keyboard scientific untuk digunakan par apengguna iOS, seperti iPad, iPhone, atau iPod touch. Di sini tersedia lebih dari 3000 karakteryang lengkap untuk berbagai macam kebutuhan.

Menariknya, di sini juga menyediakan huruf untuk Latin dan Yunani, simbol matematikan, emoji, dan masih banyak lagi yang tidak tersedia di keyboard iPhone biasa. Bahkan, keyboard ini bisa kamu gunakan di web, email, notes, dan lainnya. Tertarik? Download SciKey, yuk!

3. Typefinity

Typefinity
sumber gambar: Apple Store

Typefinity adalah aplikasi keyboard yang memberikan kelengkapan fitur, karakter, dan simbol di iPad dan iPhone. Typefinity ini menyajikan tata letak yang memudahkan saat perlu mengetik angka, simbol, atau bergerak dalam teks. Tombol yang kamu butuhkan tersedia langsung di tata letak utama, dan saran kata ditampilkan di layar dengan bentuk yang lebih luas, bukan hanya di tengah.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur menarik dan fungsional, seperti tersedianya tombol krusor untuk mengetik lebih mudah dan tepat, lalu ada juga swipe dan flick up untuk mencari simbol dengan menggunakan gestur geser. Tak hanya itu, disini juga tersedia karakter-karakter numerik. Lengkap, kan? Yuk, download di sini Typefinity!

4. GBoard

Gboard
sumber gambar: Apple Store

Kalau aplikasi yang satu ini datang dari Google. Uniknya, keyboard ini dibuat dengan desain yang mudah digunakan untuk semua kalangan. Bahkan, GBoard juga menampilkan berbagai macam fitur, seperti pencarian GIF, emoji, hingga Glide Typing untuk pengetikan lebih cepat.

Dan, tentu saja, di sini juga tersedia berbagai macam simbol, karakter, huruf khusus, serta numerik yang tidak ada di keyboard iPhone biasa. GBoard juga mendukung beragam bahasa, yaitu Afrikaans, Arab, Azerbaijani, Belarusia, Bengali, Bulgaria, Katalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Gujarati, Hausa, Ibrani, Hindi, Hungaria, Islandia, Indonesia, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi ini? Kalau iya, segera cari dan unduh aplikasinya di Apple Store, atau GBoard ini, ya.

Kesimpulan

Begitulah cara mengetik tanda pangkat di iPhone, atau simbol dan karakter khusus lainnya. Sekali lagi, kalau kamu malas memakai aplikasi, caranya memang agak ribet di awal, tapi toh kalau kamu sudah terbiasa, maka secara natural jarimu bisa menari dengan cepat di atas keyboard iPhone.

Apapun caranya, yang jelas dengan tips, trik, dan cara mengetik tanda pangkat di iPhone yang sudah kami jelaskan tadi semoga bisa membantu dan berguna untukmu, ya. Selamat mencoba!