Trik Mengetik Tanda Pangkat, Pecahan, dll di Keyboard iPhone

Apa kamu penasaran dengan cara mengetik simbol khusus seperti tanda pangkat, plus minus, pecahan, dll di keyboard iPhone? Tenang, ada trik tersendiri untuk itu, dan kamu akan mengetahuinya di sini.

Jujur saja. Dibanding Android, keyboard iPhone cukup terbatas. Walau secara umum berfungsi, namun ada simbol khusus yang belum bisa kita ketik dengan mudah. Bahkan, mengetik dengan keyboard lain seperti SwiftKey yang dahsyat di Android pun tetap terbatas.

Mengetik Karakter Khusus

Pada pilihan keyboard tertentu, seperti memakai Bahasa Inggris (US), memang ada pilihan karakter khusus. Misalnya ä, é, dll. Cara memunculkannya sama dengan di keyboard Mac, yaitu dengan menekan lama tombol bersangkutan.

Namun, karakter khusus ini tidak muncul di setiap bahasa. Yah, paling tidak di Bahasa Indonesia belum tersedia (untungnya di SwiftKey bisa muncul). Lalu tidak semua karakter khusus ada.

Tantangan sebenarnya adalah ketika kamu mau mengetik tanda pangkat (A²), pecahan (⅓), tanda akar (√2), atau simbol seperti ‘tidak sama dengan’ (≠) atau ‘plus minus’ (±) di keyboard iPhone ini.

Jadi mungkin kalau kamu mau menulis rumus matematika di iPhone (kalau kepepet) ya mungkin agak susah. Tapi bukannya tidak mungkin.

Trik Mengetik Simbol di iPhone

Ada cara tersendiri untuk mengetik simbol yang tidak ada di keyboard iPhone. Tapi terus terang caranya cukup repot. Toh kalau kamu memang butuh ya kenapa tidak.

Triknya adalah dengan menggunakan fitur ‘Penggantian Teks’ (Text Replacement). Pada dasarnya kamu membuat pintasan (shortcut) untuk simbol bersangkutan. Ya, kamu harus membuat pintasan satu persatu untuk setiap simbol yang ingin kamu ketik. Repot kan?

Cara Menggunakan ‘Penggantian Teks’

  1. Buka Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Penggantian Teks
  2. Tekan tanda + di pojok kanan atas.
  3. Masukkan simbol di bagian Frasa:
    • Cari simbol khusus yang ingin kamu ketik di Google
    • Salin (copy) simbol itu
    • Pasang (paste) di isian Frasa
  4. Tentukan pintasan dengan kombinasi ketikan tombol tertentu (misalnya untuk ² kamu mengetik ^2).
  5. Tekan tombol Simpan di pojok kanan atas.

Seperti yang sudah saya sebutkan, kamu harus mengisi pintasan satu per satu untuk setiap simbol yang kamu butuhkan. Sekali lagi, memang repot.

Tapi, kalau kamu sudah mengisinya, kamu bisa memakai pintasan itu untuk mengetik simbol matematika atau karakter khusus yang tidak ada di keyboard sebelumnya. Kamu pun bisa membuat persamaan matematika atau apapun yang ingin kamu tulis di iPhone.

Hm, apa ada cara lain? Ada. Kalau kamu mau, kamu bisa memasang aplikasi keyboard UniChar yang menyediakan berbagai simbol. Kamu bisa mengunduhnya di App Store.

Terserah cara apa yang kamu pilih. Semoga trik ini bisa membantu. Jangan lupa minum air putih ya.

%d blogger menyukai ini: