Cara Mengetik Tanda Pangkat di MS Word dengan Cepat

Tanda pangkat mungkin merupakan salah satu hal yang sering kamu temui jika kamu seorang pelajar. Salah satunya tentu saja untuk menulis rumus. Nah, kali ini kami akan membahas cara mengetik tanda pangkat di MS Word.

Tanda pangkat sebenarnya merupakan karakter dengan format supercript, yaitu huruf yang hadir lebih ke atas dan biasanya punya ukuran lebih kecil dibanding huruf biasa. Lawan dari superscript adalah subscript, yang hadir lebih ke bawah dibanding huruf biasa.

Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana caranya.

Mengetik Tanda Pangkat dengan Pintasan (Shortcut)

Microsoft Word memiliki fungsi khusus untuk superscript dan subscript. Kamu bisa mengetik tanda pangkat dengan menekan tombol superscript di bagian ribbon aplikasi MS Word.

Tapi kamu bisa juga mengaktifkan fungsi superscript itu dengan menekan kombinasi tombol keyboard untuk pintasan (shortcut). Cara ini lebih cepat.

Di Windows, tekan tombol Ctrl + Shift + = atau Alt + H = 6 untuk mengetik tanda pangkat atas (superscript) di MS Word. Untuk tanda pangkat bawah, tekan Ctrl + =. Tekan kombinasi yang sama untuk mematikan fungsi tersebut.

menegtik tanda pangkat di ms word
ketik tanda pangkat di MS Word

Kamu bisa mengetik biasa, menekan kombinasi di atas, dan menulis angka (sudah dalam bentuk pangkat). Bisa juga kamu mengetik terlebih dulu, seleksi huruf/angka, kemudian menekan kombinasi itu.

Di macOS, kamu bisa menekan kombinasi tombol Control + Shift + Command + + untuk mengubah huruf biasa menjadi tanda pangkat atas (superscript). Untuk tanda pangkat bawah (subscript) tekan tombol Control + Shift + Command + -. Kamu harus menyeleksi huruf/angka tersebut sebelum menekan tombol kombinasi itu.

Menggunakan Fungsi Rumus

Microsft Word memiliki fungsi Equation sehingga kamu bisa menulis rumus yang kompleks. Kamu bisa menemukan fungsi itu di ribbon MS Word, di bagian Insert > Equation (kalau jendela aplikasi kecil, Equation kadang masuk di bawah kategori Symbols).

Nah, ketika kamu masuk dalam mode Equation, kamu bisa menambah elemen rumus apa pun sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan tanda pangkat, pilih tombol Script yang ada di ribbon MS Word. Kamu bisa memilih format superscript dan subscript yang sesuai.

menegtik tanda pangkat dengan fungsi equation di ms word

Menambahkan dengan Peta Karakter

Kalau kamu ingin mengetik dengan cara yang lebih umum namun kurang cepat, kamu bisa memanfaatkan fitur peta karakter khusus.

Baik Windows maupun macOS memiliki fitur peta karakter yang menampilkan huruf atau tanda khusus. Misalnya derajat, plus minus, lebih besar sama dengan, mata uang, dll. Termasuk juga tanda pangkat.

Peta karakter khusus Windows

  • Tekan tombol Windows + . atau Windows + ; untuk memunculkan peta karakter khusus dan emoji,
  • Pilih halaman Ω dari pilihan kategori karakter dan emoji,
  • Tekan tanda pangkat yang kamu inginkan.

Peta karakter khusus macOS

  • Tekan tombol Control + Command + Spasi untuk memunculkan peta karakter khusus dan emoji,
  • Tekan ikon di sebelah kotak pencari untuk membuka peta karakter lengkap,
  • Pilih kategori Digits (mungkin kamu harus mengaktifkannya melalui tombol setelan/gerigi),
  • Tekan tanda pangkat yang kamu inginkan.

Itulah berbagai cara mengetik tanda pangkat di MS Word. Silakan pilih mana yang paling sesuai untuk kamu.

Kalau kamu ingin melihat tips MS Word lain yang menarik, silakan baca beberapa artikel ini.

%d blogger menyukai ini: